Tips Foto dengan Pop-up Flash/Internal Flash

Hai!

Kebetulan baru minggu lalu aku beli lensa kamera baru, jadi belakangan keasikan foto-foto sana sini. Mulai dari makanan, minuman, temen, kucing peliharaan, sampai tanaman aja aku foto-fotoin semua saking excitednya sama lensa baru, hahaha.

Berhubung sekarang lagi musim hujan nih, cari pencahayaan yang bagus buat foto-foto jadi susah. Kalo aku pribadi dari jaman cupu-cupunya foto pake kamera HP, sampe sekarang akhirnya punya kamera DSLR sendiri, paling favorit ya memanfaatkan cahaya matahari buat sumber lighting karena hasilnya natural. Lah, kalo semusim cahaya mataharinya ketutupan awan mendung & hujan, gimana dong?

Aku punya tips gimana caranya foto-foto waktu mendung, atau di tempat remang-remang/gelap, dengan menggunakan flash internal alias pop-up flash, tapi tetap natural, dan tanpa diffuser. Tips ini berguna banget buat kalian yang hobi foto-foto, tapi dengan modal minim kaya aku gini, hehe.

So, langsung siapin aja peralatan yang diperlukan!

  • Kamera dengan pop-up flash atau internal flash
    Kalo aku pakai kamera Canon EOS 60D dengan lensa Canon 50mm f/1.8 II
  • Objek yang mau difoto
    Aku sih pakai kucing peliharaan aja, hehe
  • Cermin
    Cermin apapun bisa dipakai! Aku sendiri pakai cermin yang ada di compact powder Wardah 03 Ivory yang warnanya pas banget sama tone kulit wajahku (Lah?? Malah beauty review, hahaha). Keuntungan buat cewek nih yang pasti sering bawa bedak kemana-mana, cerminnya bisa dimanfaatin.
  • Teman buat jadi asisten foto-foto

Kalo udah siap, langsung aja kita mulai. Caranya gampang banget. Pertama, nyalain kamera, jangan lupa aktifkan pop-up flash-nya. Lalu, bidik objek seperti biasa. Ini memasuki bagian magisnya ya. Suruh teman kalian buat megangin cermin di depan flash dengan posisi cermin miring ke atas.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kaya gini ya😀

Sekarang udah paham kan, apa fungsi dari cermin tadi? Ya, jadi cermin yang kita siapin tadi berperan sebagai reflektor cahaya dari pop-up flash. Kalau kita langsung pakai pop-up flash buat jadi sumber cahaya, hasil foto kita bakal unflattering, nggak natural, muncul bayangan keras di sekeliling objek, over-exposured, tekstur objek hilang, bahkan kalo objek foto kita berupa manusia, bisa muncul red-eye, atau jidat orang yang kita foto kelihatan mengkilap berminyak gitu, ewh. Enggak banget, kan?

IMG_0225

Kucingnya terang, tapi backgroundnya gelap, tekstur bulunya hilang, nggak natural

Tapi kalo kita pantulin cahaya dari pop-up flash, pencahayaan bakal merata karena cahayanya dipantulin ke langit-langit ruangan dan dinding, jadi ketika cahaya jatuh ke objek, hasilnya bakal kelihatan natural. Trik ini bisa bekerja maksimal kalo kita foto-foto di dalam ruangan.

IMG_0226

Cahaya merata, tekstur bulu kucingnya kelihatan natural, bayangan pun alami, aman dari noise karena ISO nggak terlalu tinggi

Nah, dengan trik pop-up flash + cermin ini, kita bisa foto-foto di waktu mendung, atau di tempat tanpa pencahayaan bagus, tanpa harus menghasilkan foto yang nggak natural dengan direct flash light, tanpa harus beli diffuser, tanpa harus mengorbankan kualitas foto dengan naikin ISO yang bakal munculin noise dimana-mana.

IMG_0228

Noise muncul di tembok + tempat-tempat gelap

Ini comparison antara semua fotonya.

compare

Gimana? Trik yang kelihatannya sederhana dan murah ternyata bisa bikin perubahan yang signifikan loh. Hasil foto-foto kita juga bisa lebih bagus kualitasnya. Nggak ada lagi alasan ga bisa foto-foto seru cuma gara-gara musim hujan nih, hehehe.

Jadi begitulah tips dari aku. Semoga bisa berguna buat kalian semua, ya! Thanks for reading, see you on the next post!

— Sovira Maris

 

 

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s