Cara Perpanjang SIM A dan C di SIM Corner Suncity Mall Sidoarjo

Halo!

Kebetulan bulan Maret 2018 ini ulang tahunku yang ke-22 dan otomatis terhitung 5 tahun sejak aku bikin SIM. Waktunya perpanjangan! Karena aku pertama kali banget perpanjang SIM, jadi sebelumnya aku browsing-browsing dulu gimana, dimana, dan kapan aku harus perpanjang SIM di Sidoarjo.

Setelah riset kecil-kecilan, beberapa informasi yang aku dapat untuk perpanjang SIM, antara lain.

Waktu

Perpanjangan SIM bisa dilakukan paling cepat 14 hari sebelum SIM expired. Buat jaga-jaga, kalau bisa perpanjangnya jangan terlalu mepet! Takutnya kalau kelupaan dan SIM terlanjur expired, harus ngurus kaya prosedur bikin SIM baru alias kudu tes dari awal. Ribet kan?

Lokasi

Bisa dilakukan di SIM Corner di Suncity Mall, Mobil SIM Keliling (biasanya di Lippo Plaza Sidoarjo), atau di Polres Sidoarjo. Kalau ga salah, sekarang perpanjang SIM di Polres sudah bisa online meski harus tetap datang ke sana.

Persyaratan

  • SIM asli (A/C)
  • KTP asli
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter
  • Biaya asuransi (Rp30.000 untuk tiap SIM)
  • Biaya perpanjangan (SIM A Rp80.000 dan SIM C Rp75.000)

Setelah nyiapin semua berkas-berkas yang diperlukan (cuma surat keterangan sehat sih, hahaha), aku memutuskan buat perpanjang SIM tiga hari sebelum masa berlaku SIMku berakhir. Lokasinya aku pilih SIM Corner di Suncity Mall soalnya memang paling deket dari rumah.

Hari Rabu, 28 Maret 2018, jam 08.00 pagi aku langsung berangkat dari rumah menuju Suncity Mall. Kok pagi banget? Memang layanan SIM Corner baru buka jam 09.00 pagi, tapi jangan santai-santai datang setelah jam 09.00. Orang-orang yang mau perpanjang SIM sudah mulai bikin antrean bahkan sejak jam 06.00 pagi!

Pihak SIM Corner juga membatasi layanannya cuma sampai jam 12 siang. Itu bener-bener sudah selesai lho. Aku juga denger mereka ngasih jatah per harinya cuma produksi maksimal 100 SIM baru.

Waktu aku datang, kuhitung-hitung antreannya sudah ada sekitar 40-an orang. Kalau datang kesiangan dikit aja misal jam 10 atau 11, bisa dipastikan ga bakal dapet jatah perpanjang SIM. Nah lho! Jadi datangnya harus pagi-pagi banget!

Proses perpanjang SIM sebenernya ga ribet kok, cuma memang harus sabar aja sama antreannya yang gila. Biar lebih jelas, langsung aja aku kasih step-by-step proses yang aku lakukan waktu perpanjang SIM.

  1. Sampai di Suncity Mall, langsung tumpuk SIM asli di satpam untuk antre. Tunggu mall buka.
  2. Begitu mall buka, langsung menuju SIM Corner ke lantai paling atas.
  3. Siapkan KTP asli dan uang asuransi sebesar Rp30.000 untuk satu SIM, atau Rp60.000 untuk dua SIM. Sebisa mungkin uang pas, ya!
  4. Kalau sudah dipanggil petugas, serahkan KTP asli dan bayarkan uang asuransi.
  5. Tunggu dipanggil, nanti akan dapat kartu asuransi. Bisa langsung disimpan saja.
  6. Tunggu dipanggil untuk cek kesehatan. Cuma ditensi sih, tapi harus bayar Rp30.000. Kalau sudah punya surat keterangan sehat dari dokter langsung diserahkan aja supaya ga perlu bayar lagi.
  7. Setelah itu akan dapat formulir. Bisa langsung diisi sendiri kalau bawa pulpen. Kalau aku sih dibantu petugas buat ngisiin, hehehe..
  8. Tumpuk formulir di ruangan sebelah untuk antre bayar perpanjangan SIM. Tunggu dipanggil.
  9. Sambil nunggu dipanggil, siapkan uang perpanjangan sebesar Rp75.000 untuk SIM C, dan Rp80.000 untuk SIM A. Jangan lupa uang pas ya, supaya cepet!
  10. Setelah bayar, langsung antre untuk foto, setor sidik jari, dan tanda tangan. Kalau ada data yang perlu diganti (misal alamat atau pekerjaan) bisa disampaikan saat foto.
  11. Tunggu dipanggil untuk terima SIM yang baru. Selesai!

Meski keliatan ga ribet, tapi ternyata ada aja lho calo yang nawarin jasa supaya kita ga perlu antre kaya orang susah. Waktu aku baru sampai parkiran dan turun dari motor, ada bapak-bapak yang nawarin SIMnya dititipin aja, supaya ga antre. Waduh, aku langsung nolak dong!

Selain karena duit terbatas, ga enak juga sama puluhan orang lain yang udah antre dari pagi. Hmm… Tapi lebih karena ga punya duit aja sih, hahahaha.

Tapi serius nih, aku ga merekomendasikan pakai jasa calo, karena beberapa alasan berikut.

  1. Mahal. Bayar biaya perpanjangannya aja sudah mahal, apalagi kalau harus keluar duit lagi buat bayar calo.
  2. Beban moral. Semua orang antre, masa hati ga terketuk untuk ikut antre bareng-bareng yang lainnya?
  3. Tanpa calo pun proses perpanjangan SIM ga rumit dan ga makan waktu lama. Aku sejak datang di Suncity sampai dapet SIM baru, total cuma makan waktu 2,5 jam!

Kira-kira begitulah pengalamanku waktu memperpanjang SIM. Jujur, cukup bangga sih, soalnya aku pertama kali banget ngurus hal kaya gini sendirian, dan lewat prosedur normal. Kerasa banget capeknya berdiri lama buat nunggu antrean, ngadepin petugas yang galak, panas-panasan berjubel sama pengantre lainnya di mall yang ACnya ga kerasa, wow banget lah!

Aku juga mau ngasih beberapa tips yang aku ambil dari pengalamanku.

  1. Datang pagi! Kalau jam 06.00 dirasa kepagian, seenggaknya jam 07.00 atau jam 08.00 aja cukup aman dan bakal dapat antrean kok.
  2. Cek semua berkas, jangan sampai ada yang ketinggalan. Jangan lupa bawa pulpen juga buat isi form.
  3. Bawa uang pas, supaya ga digalakin petugasnya kalau ga ada kembalian, hahaha.
  4. Siapkan kesabaran yang lebih-lebih, juga fisik yang prima. Ga lucu kan, kalo lagi di kerumunan antrean tiba-tiba pingsan karena ga kuat berdiri 2 jam lebih?

Cukup segini aja sharingku tentang cara perpanjangan SIM di Sidoarjo berdasarkan pengalamanku sendiri. Semoga cerita dan info yang aku share bisa membantu dan mempermudah kalian dalam proses perpanjangan SIM ya!

Terima kasih banyak sudah baca!

P.S. Kalau pengen foto SIM kalian kelihatan bagus, perpanjang SIM di SIM Corner Suncity Mall sangat recommended karena hasil foto SIMku super kinclong kaya pakai Camera360, ga bohong! Hahahaha 😆

 

4 thoughts on “Cara Perpanjang SIM A dan C di SIM Corner Suncity Mall Sidoarjo

Leave a comment