Resep Brownies Panggang/Kukus Antigagal Super Mudah (Cocok untuk Pemula)

Halo!

Hari ini Minggu dan ga ada acara karena ditinggal jaga rumah sama masku sementara ibu ke Kediri. Bangun tidur langsung nonton Game of Thrones S7 episode 5-6, lalu bingung.. Mau ngapain lagi ya? Daripada nganggur cuma guling-guling sambil main HP dan stalking mantan gebetan, browsing resep deh. Akhirnya nemu resep yang nampak menjanjikan di sini.

Aku langsung tertarik buat nyobain karena di situ kita cuma butuh 1 bowl buat nyampur bahan-bahannya. Maklum lah, masak-masak tuh kadang yang bikin males yaa.. bagian cuci-cucinya, hehehe. Jadi, semakin minimal peralatan yang bakal dipake, semakin menarik resep itu buatku. Dasar aslinya aja males sih.

Anyway, ada bahan yang kusubstitusi dan kukurangi takarannya karena memang keterbatasan stok di dapur. Sambil harap-harap cemas dong, takut fail soalnya udah berkali-kali bikin brownies dan perbandingan sukses : gagalnya = 50 : 50 😆

Tapi syukurlah, ternyata browniesnya berhasil dan enak! Rasanya cokelaaaat banget, dan ga begitu manis, karena aku ga terlalu suka makanan yang terlalu manis. Soalnya yang masak  udah manis sih 😛 Kalo kalian pengen lebih manis, bisa ditambahin dikit takaran gulanya kok.

Biar jelas, langsung aja deh, ini dia resep yang aku pake dan bakal seterusnya aku pake buat bikin brownies!

Header Brownies

Brownies Panggang/Kukus Antigagal

Resep modifikasi ala Sovira

Bahan A

  • 150 gr gula pasir (bisa ditambah kalau pengin manis)
  • 60 gr bubuk cokelat
  • 80 gr minyak kelapa sawit

Bahan B

  • ½ sdt vanili bubuk
  • ½ sdt garam
  • 2 butir telur ayam

Bahan C

  • 50 gr tepung terigu
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat

  1. Panaskan oven hingga 180°C, lapisi loyang 20 x 20 cm dengan kertas roti atau aluminium foil. Kalau tidak ada oven, bisa gunakan kukusan meskipun hasilnya akan beda.
  2. Aduk rata semua bahan A di satu wadah besar.
  3. Tambahkan dan aduk rata bahan B (khusus telur, masukkan satu persatu sambil diaduk).
  4. Tambahkan dan kocok rata bahan C. Kalau ada, gunakan mixer supaya adonan benar-benar tercampur rata. Kalau terpaksa menggunakan tangan, aduk dengan kuat sampai adonan benar-benar tercampur supaya ketika dipanggang tidak mengendap.
  5. Panggang atau kukus selama 20 menit sampai matang. Tes kematangan dengan menusukkan tusuk gigi ke tengah adonan. Kalau hampir tidak ada adonan yang menempel, berarti brownies sudah matang.
  6. Dinginkan, lalu brownies siap dipotong-potong dan disajikan.

Catatan

  • Kalau ingin lebih enak, ganti minyak kelapa sawit dengan mentega (butter) atau Blueband Cake & Cookies.
  • Masukkan brownies ke kulkas sebelum dimakan, rasanya jauh lebih mantap!!

Nah, itulah resep brownies bikinanku. Selamat mencoba dan semoga sukses (browniesnya)! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s