Premenstrual Syndrome (PMS): Hati-hati!

Buat cowok-cowok yang udah punya pacar, apa pernah ngerasa cewek kalian tiba-tiba berubah moody, bawaannya marah melulu, nangis-nangis nggak jelas, atau kalau diperhatiin kok badannya kelihatan makin melar? Mungkin penyebabnya adalah Premenstrual Syndrome atau lebih gampang singkatannya PMS.

Sebenernya, PMS itu apaan sih? Terus segimana kuat pengaruhnya ke cewek sampai bisa bikin mereka jadi agak “labil”? Dan mengapa harus berhati-hati dengan PMS seperti judul yang tertera di atas?

Definisi PMS apaan sih?

PMS adalah gejala-gejala fisik dan emosional yang terjadi pada perempuan sekitar 5-11 hari sebelum mengalami menstruasi. Tentunya gejala ini hanya terjadi pada perempuan yang masih mengalami haid. Jadi kalau ada nenek-nenek yang udah mengalami menopause tapi tiba-tiba jadi sering ngomel-ngomel, nol persen kemungkinannya beliau lagi PMS.

Terus, nggak sedikit juga orang yang salah mikir kalo PMS itu terjadi pas cewek lagi menstruasi. Jelas-jelas namanya Premenstrual Syndrome, dimana Pre dalam bahasa Latin yang artinya sebelum, berarti PMS ini mulai berlangsung sebelum masa haid.

Mungkin ada juga orang yang menganggap remeh PMS dan mikir kalo orang PMS tuh cuma buat gaya-gayaan doang. (Hah, demi apa?) Jangan salah kira, PMS itu sindrom serius yang terjadi secara alami pada perempuan dan 100% nggak main-main. Cermati lebih lanjut.

Penyebab PMS itu apa?

Penyebab yang pasti dari PMS sebenarnya belum diidentifikasi. Banyak yang mengatakan bahwa PMS disebabkan oleh perubahan-perubahan hormon di otak, tapi masih belum terbukti. Soalnya, tiap perempuan punya respon yang berbeda terhadap hormon-hormon tersebut.

Memang gejala-gejala PMS apa aja?

Gejala-gejala PMS yang menyerang cewek umumnya kelihatan jelas kok kalau kita emang udah deket sama cewek itu. Gejala-gejala ang paling umum adalah:

  1. Naik turunnya mood yang drastis dalam waktu singkat.Jangan heran ya, kalau semenit yang lalu pacar kamu ketawa-ketawa asik sambil bercanda, eh kok sekarang mukanya kusut pol-polan abis kamu ngelontarin jokeyang rada menyinggung.

    Tenang, salah satu gejala PMS yaitu cewek jadi super duper sensitif. Dicolek dikit marah, disenggol dikit ngambek, SMS nggak dibales nangis nggak karu-karuan, telepon nggak diangkat langsung mojok di kamar mandi sambil update Twitter, salahku apa sih ke kamu? apa aku ngga berarti lagi bagimu? huks cedihnyaa

    Salah satu alasan saya pasang judul “Hati-hati” di atas ya karena gejala yang satu ini. Cewek itu kalau sudah ngambek biasanya susah ketawa-ketiwi lagi.

    Ditanyain, “Kamu kenapa sih yank?” | “Ngga apa kok.” | “Lho ada apa sih nggak biasanya kayak gini.” | “Kamu tuh nggak ngertiin aku banget! ” | “
    Aduh, kan repot juga kalau kayak gitu.

    Saya biasanya ngalami sendiri gejala yang satu ini. Kadang-kadang nggak ngapa-ngapain di sekolah bawaannya pingin pulang aja. Terus dengerin temen ngobrol-ngobrol kadang adaa aja yang bikin hati ini tersinggung sampai-sampai rasanya pengin nangis. Nggak jelas abis deh, pokoknya. Dan udah jadi kebiasaan saya nungguin gejala yang satu ini sebagai tanda tersendiri kalau tamu bulanan udah mau datang. Hehe..

    Nah, tips buat kalian yang harus menghadapi cewek yang kena gejala ini: Patuhi keinginannya dan pertahankan kesabaran. Ceileh.. Berasa putri raja aja keinginannya dituruti. Tapi, kadang meski mau apa-apa udah dituruti, kok masiih aja emosinya labil? Itu memang alamiah, jadi sabar dan kuatkan iman waktu menghadapi cewek yang mengalami mood swing kayak gitu.

    Tapi gejala kayak gitu nggak mesti terjadi ke semua cewek kok. Emosi bisa labil tapi nggak harus dikeluarin, kan? Cewek-cewek yang pintar kontrol emosi ini adalah pacar dari cowok-cowok yang beruntung.🙂

  2. Badan makin gemukIni nih gejala yang paling merugikan cewek yang lagi mengalami PMS. Padahal udah diet berhari-hari, lah kok tiba-tiba bawaannya pengin nyamiiil terus. Gimana nggak rugi, orang yang dikunyah bukan camilan sehat semacam buah/kacang tapi kue, es krim, cokelat, yang kandungan kalorinya tinggi.

    Memang diketahui kalau cokelat itu bisa meredakan emosi cewek yang lagi bad mood, tapi di balik sebatang cokelat yang menenangkan itu juga terkandung kadar gula yang nggak rendah, lho. Mood memang naik lagi, tapi berat badan pun ikut naik! Nggak heran deh kalau tiba-tiba dalam hitungan hari badan dia makin melar.

    Ini gejala utama yang paling sering menyerang saya. Yang biasanya makan tiga kali sehari sekali satu piring tiba-tiba ada aja barang-barang semacam cokelat, brownies, dsb. yang ikut-ikutan kekunyah. Emang kadang niatnya makan cokelat itu biar mood yang udah turun jadi naik, tapi habis nelan kok malah nyesel dan mood makin turun. Susah deh…

    Tapi ada kok tips buat cewek yang nggak mau terugikan gejala ini, yaitu coba ganti pola makan dari makan jarang porsi besar jadi makan sering porsi kecil. Terus jauhi juga camilan-camilan nggak sehat yang berbau manis-manis. Tahan diri. Kalo bener-bener pengin nyamil, coba makan buah-buahan yang bikin kenyang, misalnya apel, jeruk, dsb.

    Kalau tips buat menghadapi cewek yang memang gemukan gara-gara PMS, pokoknya jangan pernah ngomongin masalah berat badan ataupun nyinggung-nyinggung topik tentang itu. Kalau ternyata cewek itu tanya-tanya duluan masalah tubuhnya, jangan bilang secara frontal kalau dia emang kelihatan gemuk. Nggak mau kan, percakapan kayak gini terjadi:

    Beb, aku gendutan kayaknya” | “Iya tuh, liat perutmu makin tebel aja.” | “Kamu kok gak pengertian siiih?!” dan mood swing pun terjadi lagi.

    Cobalah sedikit menggombal tapi jangan berlebihan.

    Beb, aku gendutan kayaknya” | “Masa sih? Kamu tetep seksi kok.” | “Ah kamu ini hehehe..

    Alhamdulillah kalau dia nggak ngotot kayak gini:

    Beb, aku gendutan kayaknya” | “Masa sih? Kamu tetep seksi kok.” | “Gendutan, ah.” | “Enggak, beiby. Kamu nggak gendutan.” | “Iya aku gendutan!!” | “Iya deh! Kamu gendutan!” | “Kamu kok gak pengertian siiih?!

    Kalo gini sih tinggalin aja.

  3. KecapekanSaya pribadi jarang dengar ada cewek yang ngeluh soal gejala ini. Kadang tahu sih, ada cewek yang mengeluh kecapekan, pengin istirahat, pusing, dsb. Tapi nggak mesti karena PMS kan? Bisa aja itu cewek sekolah/kerjaannya memang banyak banget jadi mau nggak mau harus pegal-pegal.

    Tapi kalau ada di antara kalian (cewek) yang sering ngerasa kecapaian sebelum menstruasi, mungkin itu salah satu gejala PMS.Tips saya sih banyakin minum air putih, makan makanan bergizi, dan jangan lupa minum vitamin supaya nggak sakit dan tetep kuat beraktivitas seperti biasanya.

  4. Lainnya.Sebenarnya masih ada tanda-tanda lain pada cewek yang mengalami PMS, misalnya, perut kembung, sakit kepala, pola tidur agak kacau, tapi gejala-gejala yang saya sebutkan di atas cuma gejala-gejala yang bisa disadari orang lain.

Sekarang kan udah kenal sama berbagai macam gejala PMS dan trik-trik buat menanganinya, jadi insya Allah udah siap menangani cewek yang lagi PMS kan? Tapi kalau memang udah nggak kuat menghadapi “auman” cewek yang lagi PMS, kalian bisa bersabar nunggu sampai sindrom itu berakhir.

Ngomong-ngomong, kapan PMS selesai?

PMS umumnya berakhir sekitar 4-7 hari setelah awal menstruasi. Jadi, selepas perempuan mendapatkan haid, dia akan kembali normal seperti sedia kala.

Sudah seminggu semenjak awal menstruasi, kok masih sering marah-marah?

Waduh, kalau masalah itu kemungkinan bukan PMS, tapi memang pribadi orang itu pemarah dan susah kontrol emosi. Nggak tahan punya pacar yang tiap hari PMS? Putusin aja. Masih banyak ikan di laut yang lebih segar dan lebih stabil kok. Hehehe…

Sumber:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0002474/

http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=231315&Itemid=

http://www.totalkesehatananda.com/pms1.html

Tagged: , , , , , ,

17 thoughts on “Premenstrual Syndrome (PMS): Hati-hati!

  1. Adissa February 5, 2012 at 8:57 am Reply

    Emang bener sih kalo lagi PMS itu bawaannya pengen ngomelin orang :))
    Makan juga asal laper mata aja langsung hap :3
    Bagus chop ;;)

    • Sovira February 5, 2012 at 9:12 am Reply

      Kalo ngomelin orang sih nggak apa, seenggaknya yang diomelin mau maklum laah.. Ga enak ya pas PMS tiba-tiba depresi sendiri, gak tau kenapa tiba-tiba pengin nangis. Terus dicela orang, “Kamu alay banget gitu aja dipikirin” jadinya malah tambah depresi -.-

      Iya grr.. Berasa itu makanan kayak mau kabur kalo nggak dimakan.

  2. cyber7unk February 5, 2012 at 2:25 pm Reply

    Buahaha, ga ada kesimpulannya cho. Biasakan ada kesimpulan di tiap artikel.

    Ini sih kesimpulan ku buat yang cowok: Jangan punya pacar dulu kalo ga mau repot. Buat yang homo: pada beruntung lo semua :))

    • Sovira February 5, 2012 at 2:50 pm Reply

      Oke okee.. Makasih masukannya.
      Bisa diterima kesimpulanmu, Xel. Wkwk

  3. Muadz June 22, 2012 at 10:44 pm Reply

    makasih banget… sekali lg makasih yah ^_^
    Kini aku tahu knp setiap bulan aku diputusin ma pacarku yah…
    heheheh ^_^

    • Sovira June 23, 2012 at 10:25 am Reply

      Tiap bulan??? Sabar ya kakak….

  4. dianapr July 19, 2012 at 12:03 pm Reply

    kalo cewe yang ga ngalamin PMS gimana, kelainan apa malah beruntung? alasannya apa?

    • Sovira July 20, 2012 at 6:00 pm Reply

      Ya beruntung. Kalo dirasain sendiri, efek-efek PMS banyakan ruginya ketimbang untungnya. Lagipula, nggak semua cewek mengalami PMS kok, jadi nggak bisa dibilang kelainan juga.🙂

  5. Afninaa July 30, 2012 at 1:27 pm Reply

    Tapi ada juga yang emosi yang ga stabil saat menstruasi, itu bagaimana?

  6. ardi August 3, 2012 at 8:38 am Reply

    cewek ak juga sering ngalamin kayak gini nih tiap awal bulan, sering hujat” ak gitu, tp berjalan waktu ak sambil baca artikel kenapa cewek bisa marah tiba”, awalnya ak kira kemasukan makhluk halus hehehe, tp akhirnya ak tau wanita sering kena PMS, dan obatnya adalah sabar ngadepinnya aja, dan jgn pernah melawan apa yang dia ucapkan, ntar tambah emosi dia… pernah ak nanggepin apa yg dia ucap eh malah ngelunjak… capek deh…

  7. 180184 August 8, 2012 at 9:36 am Reply

    sist?? kalo payudara jadi kencang pas PMS itu bener juga gaa?? kok di atas ga ada siy aq jadi khawatir niy?? setiap kali mau datang bulan soalnya kaya gitu please help me ..thanks🙂

  8. Ardita January 5, 2013 at 8:07 pm Reply

    emang bener sih….
    gwa jga sering ngadepin cwek kyk gni. awalnya sih gwa ngak sabar jga ngadepinnya. tapi setelah gwa pikr2 kykanya nggak ada ruginya juga nyabr2in nih ati. toh, pada akhirnya doi stabil kmbali… so. gwa sllu berusaha sabar ngdepin tuh anak….

    kyaknya post yng ini perlu di perluas jngkauan share nya….
    izin kopas non…..

  9. Ridwan December 23, 2013 at 9:29 pm Reply

    trims kak..ini sngat mmbntu. .

  10. nuning March 18, 2014 at 10:02 pm Reply

    duh gw bgd nih, kalo lg PMS emg gt.. jd bwt bibku yg sbar ja ya..

  11. A'am December 12, 2015 at 1:58 pm Reply

    Hahaha, untung calon laki ku pengertian…
    Di jadiin talenan aja ttp diem pdhl ngomel2 mulu aq nya klo pms..
    Kadang smpe keluar kebiasaan latihan beladiri ku yg otomatis dy kalah krna dy anak fitness..
    Tp dy orgx easy going aj klo aq nya dah pms

  12. pol1t1k December 23, 2015 at 11:56 pm Reply

    manteeeep! infonya bagus ..(y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s