Ujian Praktek, Sementara Ujian Lainnya Menyusul

Pekan ini saya harus menjalani serangkaian kegiatan formal dari sekolah saya dalam tujuan mengisi lembar ijazah SMA saya di masa mendatang. Ya, tahun ini saya lulus SMA. (Kalau lulus sih, tapi Insya Allah saya lulus :))

Masa-masa ini memang masa-masa yang paling saya tunggu-tunggu sekaligus saya takuti semenjak saya duduk di bangku kelas satu sekitar 2 tahun yang lalu. Rasanya sangat singkat memang. Saya masih ingat bagaimana hiruk pikuk keadaan kakak kelas saya ketika menghadapi ujian praktek setahun yang lalu. Sempat berpikir, “Wah, tahun depan aku yang menjalani.” Dan ternyata memang akhirnya saya harus menjalaninya.

Sebenarnya ujian praktek saya sudah mulai sejak pagi tadi. Tiap-tiap kelas mendapat materi yang berbeda setiap harinya, dan kebetulan kelas saya mendapat mata pelajaran Agama. Susah? Sangat. Lalu? Ya sudah. Kok gitu? Ya kan sudah terlewati. Nilainya? Insya Allah aman. Guru saya yang bilang kok. Hehe.. 

Mau dibilang sukses sih ya sukses-sukses aja. Jadi uprak Agama dibagi menjadi tiga sesi. Sesi yang pertama yaitu Sholat Sunnah. Tiap anak ambil materinya secara lotere. Jadi adil. Pembagiannya sih adil, tapi isi materinya? Wuih, secara personal rasanya sangat tidak adil.

Bagaimana tidak, dari lotere yang dikocok dan dikeluarkan, ada teman saya yang mendapat pasangan surat Al-Lahab dan Al-Kautsar yang notabene termasuk surat-surat pendek di Al Quran. Nampak nyaman bukan? Nyaman sampai saya tahu saya mendapatkan surat At Tiin dan Abasa. At Tiin tidak masalah, tapi Abasa, pembaca. Abasa adalah salah satu surat di Al Quran yang terdiri atas 42 ayat. Harusnya sih saya sudah hafalan karena surat itu termasuk surat hafalan di semester 6. Nah, itu kesalahan saya. Saya memilih tidak hafalan karena tidak pede akan jumlah ayatnya yang spektakuler. Tapi justru saya harus menghafalkannya dalam jangka waktu 2 hari karena kebetulan loterenya diambil pada hari Senin, tepat 2 hari sebelum ujian praktek Agama berlangsung.

Saya lagi-lagi memilih untuk tidak menuntaskannya. Kenapa? Saya tidak mau hafalan-hafalan saya yang lain terbengkalai hanya karena harus menghafalkan 42 ayat tersebut. Memang selain surat-surat ini, di sesi ujian praktek agama ini masih ada hafalan doa Sholat Hajat (satu paket dengan suratnya karena harus dipraktekkan sholatnya sekaligus), doa minum air zam-zam (materi Haji), dan bacaan sholat jenazah. Semua materi tersebut dilotere dan bagian sholat jenazah itu baru saya ambil tadi pagi gara-gara kemarin saya tidak bisa menunjukkkan sertifikat Training Islam karena hilang.

Alhamdulillah tadi pagi sudah bisa menunjukkan dan langsung ambil lotere. Alhamdulillah juga karena sebelum ambil lotere, kebetulan saya cuma belajar tata cara sholat jenazah jadi ketika tahu saya dapat sholat jenazah, saya tinggal menghafalkan ulang.

Jadi akhirnya? Yang Sholat Sunnah Hajat itu semua tuntas, tapi Surat Abasa tadi harus diremidi karena saya hafalnya cuma 20 ayat. Hehe.. Berhubung guru saya baik, jadi saya disuruh mengganti surat lain dan alhamdulillah dapatnya lagi-lagi surat At Tiin.

Sedangkan materi jenazah dan haji ini penilaiannya berkelompok jadi meski ada celah tetap tidak terlihat. Meski begitu, karena berkelompok harus kompakan, jadi waktu ada salah konsep, semuanya salah dan semuanya harus remidi. Tapi tidak apalah, penderitaan kalau ditanggung bersama-sama malah tidak terasa deritanya. Dan alhamdulillah, semuanya tuntas.

Sementara itu, besok masih ada ujian-ujian lain yang harus dilaksanakan. Saya mohon doa dari pembaca sekalian, supaya saya bisa menuntaskan ujian-ujian tersebut dengan sukses dan nilainya cukup membanggakan ketika dipandang. Semoga tidak ada halangan dan saya diberi kelancaran oleh Yang Maha Kuasa. Amiin…

Tagged: , , , , ,

One thought on “Ujian Praktek, Sementara Ujian Lainnya Menyusul

  1. ivansppd9 May 10, 2012 at 11:15 pm Reply

    HAHAHA99X, Abasa=Ayat Spektakuler. LOL. lucu2x😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s