Tips Membuat Origami Burung (Origami Crane)

Minggu ini kayaknya ada virus baru yang menyebar di kelasku. Apakah itu? Origami! πŸ˜€

Ya, origami. Origami itu seni melipat kertas dari Jepang yang bisa membuat kertas biasa yang tak berharga menjadi karya seni yang cantik. Umumnya yang dipakai untuk origami adalah kertas lipat berbentuk persegi atau persegi panjang. Di Indonesia, kertas lipat khusus origami dijual di toko-toko dalam kemasan yang berisi 50 sampai 200 lembar kertas.

Tapi tahukah anda, hanya karena kekurangan bahan untuk membuat origami, aku dan teman-teman dekatku yang kini mulai keranjingan origami, rela menyobek halaman tengah/belakang buku tulis demi membuat origami. Malahan bisa aja menelisik ke tong sampah untuk mencari kertas bekas yang bisa dimodifikasi menjadi mainan baru. 😳

Biasanya Sovira cs bikin origami bentuk bunga, burung, kubus, kotak, dll. Tapi yang paling sering bikin burung, soalnya selain bikinnya rumit (hah?), kalo sudah jadi, bisa dipamer-pamerin ke anak-anak laki yang suka ngiri sama kita-kita yang pinter bikin mahakarya macam begitu. πŸ˜€

Karena itu, kali ini aku mau share bagaimana cara bikin origami burung. Dijamin gampang bikinnya deh. πŸ™‚

1. Siapkan kertas ukuran 15cm x 15cm atau kertas khusus origami yang warna-warni itu.

2. Lipat kertas membentuk segitiga. Lalu lipat lagi menjadi segitiga yang lebih kecil. Dan sekali lagi lipat lagi jadi segitiga yang lebih kecil lagi. (kebanyakan kata ‘lagi’ nih..)

Setelah itu, buka lipatan segitiga. Maka kertas akan berpola seperti ini:

3. Lipat kertas seperti ini:

Buka lagi dan buat lipatan yang sama pada tiga sudut lainnya. Jadinya akan seperti ini:

4. Satukan sudut-sudut kertas dengan sedemikian rupa seperti ini:

5. Tarik ujung atas ke bawah dan tekan. Sama baliknya juga.

6. Tarik ujung kanan kiri ke tengah. Pastikan bagian yang membelah ada di atas. Lakukan hal yang sama di sisi belakang. Jadinya akan seperti ini:

7. Buka sisi-sisinya sehingga sisi yang terlipat jadi ada di depan. Putar 180Β°.

Abis diputer:

8. Tarik ujung bawah ke atas. Kasih jarak sekitar 5 mm antara ujung yang dilipat sama ujung atas.

Lakukan hal yang sama di sisi satunya.

9. Buka sisi yang terlipat seperti langkah ke-7.

10. Tarik sisi depan & belakang bersamaan secara perlahan. Sisi tersebut adalah sayap burung. Seiring dengan mengembangnya sayap, bagian tengah alias badan burung akan ikut menggembung. Hati-hati saat menarik, soalnya kalau kecepetan, badan burung bisa sobek & bentuknya jadi nggak bagus.

11. Terakhir, buat paruh burung dengan cara menekuk salah satu sisi yang lancip. Nanti sisi satunya akan menjadi ekor burung.

Jadilah burung kertas kita! πŸ˜€

Origami Crane

Oh iya, aku juga bikin burung dari kertas berwarna. Ini dia:

Taraaaa! πŸ˜€

Hehehehe.. πŸ˜€

Gimana? Gampang kan bikinnya? Gampang dong. Kan aku gitu yang ngajarin.. (sfx:hoek) Aku juga pernah baca dimana gitu, ternyata, origami burung ini ada mitosnya juga. Kalo nggak salah gini:

Barang siapa membuat 1000 burung kertas, maka satu permintaannya akan terkabul.

Percaya nggak percaya ya terserah anda. Kalo aku sendiri sih nggak terlalu peduli sama mitos begituan. Yang penting have fun aja bikin origaminya. πŸ˜€

Advertisements

192 thoughts on “Tips Membuat Origami Burung (Origami Crane)

  1. ada cerita tentang mitos itu .
    ada orang di Cina -kalo ga salah dan aku lupa namanya- pengen buat 1000 origami bntuk burung itu.
    tapi dia baru bikin 664 origami dan keburu meninggal kena penyakit -apa gitu, aku ya lupa-
    akhirnya temen” sekolahnya bikin 336 origami lagi buat ngepasin 1000 trus dikuburin bareng sama jenazahnya .
    so sweet πŸ™‚

    Reply
  2. Buat bunganya gimana? kok gak diajari? buat burung aku udah isa.
    kirim neng emailku yo… nuwun. Ditunggu

    Reply
  3. nice too. minta diajarin langkah2 tuk buat bunga ya, lumayan buat ngrias kamar anak2ku. hehe salam kenal by abdul muiz alkamali

    Reply
  4. Kalo origami yang lain bisa gag .. ??

    Petunjuk yang kamu buat udah jelas banget, jadi pas aq buat gag kesulitan hhe ..

    Reply
  5. konyol juga ceritanya, ,asa sampe’ dikuburin bareng2 :p
    tapi gokhil juga mitosnya, yaaa… seenggaknya hasilnya sampe sekarangbmasih dipake terus. ckckck πŸ˜€

    Reply
  6. aku sengaja nyari tutorial buat burung karna mau buat 1000burung.
    ada permintaan hati yang ga mau d kecewain lagi. hehe

    makasii ya kak post nya bermanfaat πŸ˜‰

    Reply
  7. Waduh!! Ptunjuk 1,2,3,4,5,6 bisa! Dari 7 aq bingung, kurang ngrti pnjlasx 7. Buka sisi2nya shingga yg trlipat jadi ada didpan? Putar 180Β€ Trus 8. Tarik ujung bwah ke atas? Aku bingung kok bisa ada 2 bagian? Waduh udah 1 jam utak atik ttap ga’ bisa? Puyeng >_<"! Maklum bru bgt!

    Reply
  8. aw aw aw aw …
    kerend abis..

    emm,
    minta ijin copy ea..
    adek ku dapet tugas dari sekolahannya,
    suruh bikin clangkah – langkah membuat maninan burung dari kertas..

    eh ketemu punya svira,
    aku : emm boleh ea…
    Sovira : iya boleh kog, gak papa… πŸ™‚
    aku : waaah sovi baik dech ..
    makasih ea vi..

    hhe,

    CenyumBiarCemangat…

    Reply
  9. hemm susah bngt 😦
    pngen buat bngt tuh burung origami 😦
    ak coba deeh , doain berhasil yah ?
    makasi πŸ˜€

    Reply
  10. kata2 nya sulit untuk d’pahami…?????????????
    tlong lebih jelas lg yh mbak??????????????
    πŸ™‚ πŸ˜€

    Reply
  11. ada trik origami yg lain ga ..??? posting donkkkk… klo yg burung saya dah lam tw…

    klo leh yg bnyak ya cc….

    oia 1 lagi
    katanya origami burng ini menandakan kita sayang ma seseorang saat kita kasih origami ini kepada orang….

    give your love to your true love…

    nice day cc imeot…
    salam knal

    Reply
  12. makasih banyak yach Sovira,,jelas bangetttt cara-caranya n gampang diikutin karena ada fotonya juga..
    udah dipraktekkin buat mbikinin anak perempuannku n jadi !! bagus bangettt.. makasih byk yach..

    Reply
  13. itu bentuknya diamond gitu kan, ujung kanan sama kiri ditarik ke tengah sampe kebentuk kayak gambar no 6. maksudnya bagian yang membelah ituu.. kan sisi atas sama bawah beda. ada yang utuh, ada yang kayak kepotong jadi 2.. nah, pastiin yg kepotong itu tempatnya di atas.

    Reply
  14. mau nanya, ada cara buat bikin origami kaya gambar paling pertama gak? yang bentuknya agak kaya bintang gitu.. kalau ada, tolong dibikin posting dong hehehe aku pengen bikin tapi udah keburu depresi nyari caranya haha. makasihhh πŸ™‚

    Reply
  15. waah makasih ya de’ vira… anak tante ada tugas dari sekolah ada yang lain gak origaminya..misalnya bentuk bunga tulip itu….

    Reply
  16. akhirnya dapet juga cara bikin origami burung setelah sekian lama mencari. Makasih ya.. Instruksinya mudah dipahami dan ada gambarnya jg, jd ga bikin bingung.. Aku udah bikin 1, sekarang tinggal bikin 999 lagi deh biar jadi 1000. Hehehe
    Sekali lagi thanks ya vira.. πŸ˜€

    Reply
  17. gampang banget cara ngebikinnya jadi aku pinter origami deh aku bisa ngebuat bnga teratai,burung,bintang,apel,strawberry ,dan lain-lainnya

    Reply
  18. Makasi kak .. Atas instruksinyaa..
    Bhasanya mudah di pahami , jadi gampang deh bikinya..
    Sekali lg makasii :’))

    Reply
  19. anakqu mnt d bikinin origami burung…jiaaaahhhhhhh mama’ny bingung plus kelabakan sndr. Buka…buka…….eeeeeeeeeeee ketemu d sini.
    sekali buat lngsung jadi…alhamdulillah…..lega…

    anakqu senenggg tuch…
    makasih ya mbak… πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    Reply
  20. hai, terima kasih ya. sebab dari postingan kamu ini, saya jadi bisa buat bangau kertas. oia tiap hari saya buat 1 bangau kertas, sekarang sudah hari ke 5. rencananya bangau-bangau kertas yang saya buat, akan saya persembahkan buat ibu saya. sekali lagi terima kasih ya. salam πŸ™‚

    Reply
  21. Aduh butuh perjuangan juga yea…. tapi habis langkah ke enam selalu mentok…. mohon jelasin lebih detail yea…. trim’s

    Reply
  22. Pingback: Cara membuat burung dari kertas origami | Blog

  23. Yg ni gmpang d pahami nich , ,td dah buka” yg lain malah bkn mumet , ,haha
    aq dah kpngen bkn dr dlu karn n0nton film indie yg judulny seribu sura , , mitosny jg dah tw dr dulu , , ,tp bkan it sh tjuan utama , cuma pngen buat hiasan d kios qu , , ,thanks yach. ^ ^

    Reply
  24. susahnya nak buat no. 4… naik gila saya buat benda2 x dpt2.. maklumlah saya baru jer 11 tahun.. nge2 !!~~

    Reply
  25. Oh iya kak Sovira katanya kalo bikin 1000 origami burung permohonan ny a bisa terkabul katanya itu mitos Jepang
    terus juga aku pernah liat di berita ada anak perempuan dari US itu buat 1000 origami buat Jepang

    Reply
  26. Mbak Sovira bisa gk kalo bikin origami Canada Goose yg did design sama roman diaz tolong yaa!! aku gk bisa bikin!!!!! 😦

    Reply
  27. yeee… aq bisa.. mkasih ea….
    tp kyk’a aq gk bkalan bwt brung krtas 1000.. soal’a bwt stu aj lma’a mnta ampun aq bsa bngkrut mndadak tw… πŸ™‚

    Reply
  28. aku kemaren bikin tapi waktu selesai kok dibagian tengah atasnya kaya ada sudut lancipnya gitu tapi hasil punya kamu keliatannya nggak ada apa sudut diburung kertas punyamu kamu tekuk kedalam gimana cara mengatasinya ya

    Reply
  29. Terimakasih sudah membagikan cara membuat burung origami. Akhirnya saya bisa mengingat dan membuat kembali burung origami. Ada banyak postingan serupa, tapi tak semudah dan sejelas yang mba bagikan. Thank you banget ya…!

    Reply
  30. Alhamdulillah, ampir aja ane stresss gara2 anak ane nanyain cara bikin origami burung, udah dibolak balik kg jadi mulu, akhirnya nyerah deh. Nanyain ama Mbah Google, ketemu deh ma blognya sovira12, thanks ya dah bikin stress ni hilang. Habis gelap terbitlah terang.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s