Tips Membuat Origami Burung (Origami Crane)

Minggu ini kayaknya ada virus baru yang menyebar di kelasku. Apakah itu? Origami! :D

Ya, origami. Origami itu seni melipat kertas dari Jepang yang bisa membuat kertas biasa yang tak berharga menjadi karya seni yang cantik. Umumnya yang dipakai untuk origami adalah kertas lipat berbentuk persegi atau persegi panjang. Di Indonesia, kertas lipat khusus origami dijual di toko-toko dalam kemasan yang berisi 50 sampai 200 lembar kertas.

Tapi tahukah anda, hanya karena kekurangan bahan untuk membuat origami, aku dan teman-teman dekatku yang kini mulai keranjingan origami, rela menyobek halaman tengah/belakang buku tulis demi membuat origami. Malahan bisa aja menelisik ke tong sampah untuk mencari kertas bekas yang bisa dimodifikasi menjadi mainan baru. :oops:

Biasanya Sovira cs bikin origami bentuk bunga, burung, kubus, kotak, dll. Tapi yang paling sering bikin burung, soalnya selain bikinnya rumit (hah?), kalo sudah jadi, bisa dipamer-pamerin ke anak-anak laki yang suka ngiri sama kita-kita yang pinter bikin mahakarya macam begitu. :grin:

Karena itu, kali ini aku mau share bagaimana cara bikin origami burung. Dijamin gampang bikinnya deh. :)

1. Siapkan kertas ukuran 15cm x 15cm atau kertas khusus origami yang warna-warni itu.

2. Lipat kertas membentuk segitiga. Lalu lipat lagi menjadi segitiga yang lebih kecil. Dan sekali lagi lipat lagi jadi segitiga yang lebih kecil lagi. (kebanyakan kata ‘lagi’ nih..)

Setelah itu, buka lipatan segitiga. Maka kertas akan berpola seperti ini:

3. Lipat kertas seperti ini:

Buka lagi dan buat lipatan yang sama pada tiga sudut lainnya. Jadinya akan seperti ini:

4. Satukan sudut-sudut kertas dengan sedemikian rupa seperti ini:

5. Tarik ujung atas ke bawah dan tekan. Sama baliknya juga.

6. Tarik ujung kanan kiri ke tengah. Pastikan bagian yang membelah ada di atas. Lakukan hal yang sama di sisi belakang. Jadinya akan seperti ini:

7. Buka sisi-sisinya sehingga sisi yang terlipat jadi ada di depan. Putar 180°.

Abis diputer:

8. Tarik ujung bawah ke atas. Kasih jarak sekitar 5 mm antara ujung yang dilipat sama ujung atas.

Lakukan hal yang sama di sisi satunya.

9. Buka sisi yang terlipat seperti langkah ke-7.

10. Tarik sisi depan & belakang bersamaan secara perlahan. Sisi tersebut adalah sayap burung. Seiring dengan mengembangnya sayap, bagian tengah alias badan burung akan ikut menggembung. Hati-hati saat menarik, soalnya kalau kecepetan, badan burung bisa sobek & bentuknya jadi nggak bagus.

11. Terakhir, buat paruh burung dengan cara menekuk salah satu sisi yang lancip. Nanti sisi satunya akan menjadi ekor burung.

Jadilah burung kertas kita! :D

Origami Crane

Oh iya, aku juga bikin burung dari kertas berwarna. Ini dia:

Taraaaa! :D

Hehehehe.. :grin:

Gimana? Gampang kan bikinnya? Gampang dong. Kan aku gitu yang ngajarin.. (sfx:hoek) Aku juga pernah baca dimana gitu, ternyata, origami burung ini ada mitosnya juga. Kalo nggak salah gini:

Barang siapa membuat 1000 burung kertas, maka satu permintaannya akan terkabul.

Percaya nggak percaya ya terserah anda. Kalo aku sendiri sih nggak terlalu peduli sama mitos begituan. Yang penting have fun aja bikin origaminya. :D

About these ads

Tagged: , , ,

188 thoughts on “Tips Membuat Origami Burung (Origami Crane)

  1. Cahya March 11, 2010 at 3:36 pm Reply

    Baiklah, saya pesen dibuatkan 999 buah dulu, nanti saya akan belajar buat satu saja :)

    • Sovira March 11, 2010 at 3:43 pm Reply

      waduh, ndak bisa gitu dong.. nyari kertasnya kan nggak gampang.. :P

    • hilda March 26, 2011 at 11:32 am Reply

      aku suruh membuat 10 doang udh ssh y apa lagi bikin 100

  2. Tiara Calista March 12, 2010 at 12:35 pm Reply

    ada cerita tentang mitos itu .
    ada orang di Cina -kalo ga salah dan aku lupa namanya- pengen buat 1000 origami bntuk burung itu.
    tapi dia baru bikin 664 origami dan keburu meninggal kena penyakit -apa gitu, aku ya lupa-
    akhirnya temen” sekolahnya bikin 336 origami lagi buat ngepasin 1000 trus dikuburin bareng sama jenazahnya .
    so sweet :)

  3. cyber7unk March 14, 2010 at 6:04 pm Reply

    hah aku akan semangat membuat 1000 burung buat satu permintaan ku wkwkwkw xD

    • Sovira March 14, 2010 at 8:58 pm Reply

      astaga..

  4. meyoona April 12, 2010 at 4:06 pm Reply

    wih kereen.. foto sendiri??

    • Sovira April 12, 2010 at 4:10 pm Reply

      iyaa, pake hape itu fotonya, makanya burek….

  5. Nila Safitri May 4, 2010 at 3:13 pm Reply

    tank u banget de atas infonya……
    aku da bisa buatnya………….
    suwon yo…………..

    • Sovira May 5, 2010 at 4:51 pm Reply

      selamat yaa :)
      inggih sami-sami….

  6. ratna May 5, 2010 at 4:05 pm Reply

    Buat bunganya gimana? kok gak diajari? buat burung aku udah isa.
    kirim neng emailku yo… nuwun. Ditunggu

    • Sovira May 5, 2010 at 4:46 pm Reply

      emailnya apa?

  7. kikakirana May 6, 2010 at 12:27 pm Reply

    Akhirnya sukses juga…. :D
    makasih ya…. bis baca nie postingan QK jadi inget dah cara bikinnya ;)

    HIDUP!!! ^_^

    • Sovira May 6, 2010 at 5:25 pm Reply

      selamat yaa :)
      iya, sama-sama

  8. Chen Cen Wie May 23, 2010 at 7:35 pm Reply

    jadi inget masa kecil :D

    blog yang bagus :))

    • Sovira May 24, 2010 at 3:37 pm Reply

      makasih :)

  9. a.Muiz June 3, 2010 at 11:31 am Reply

    nice too. minta diajarin langkah2 tuk buat bunga ya, lumayan buat ngrias kamar anak2ku. hehe salam kenal by abdul muiz alkamali

  10. ariane June 4, 2010 at 11:26 pm Reply

    fala serio!!!
    nao da para ser portugues
    aff

  11. pangky ,.. June 23, 2010 at 8:38 am Reply

    mksh bd yoo …

    • Sovira June 23, 2010 at 3:41 pm Reply

      sama-sama :)

  12. chaca July 24, 2010 at 9:39 pm Reply

    aduh makasih banget, gara2 ada blog ini aq jadi bisa buat ^^

    • blabla February 3, 2011 at 9:28 am Reply

      iya..makasih infonya.. :)

  13. chaca July 24, 2010 at 9:43 pm Reply

    Kalo origami yang lain bisa gag .. ??

    Petunjuk yang kamu buat udah jelas banget, jadi pas aq buat gag kesulitan hhe ..

    • Sovira July 25, 2010 at 6:42 pm Reply

      insyaallah bisa kok, tungguin aja update-annya ;)

  14. ixyak August 1, 2010 at 12:36 pm Reply

    konyol juga ceritanya, ,asa sampe’ dikuburin bareng2 :p
    tapi gokhil juga mitosnya, yaaa… seenggaknya hasilnya sampe sekarangbmasih dipake terus. ckckck :D

  15. brutalita August 13, 2010 at 8:12 pm Reply

    yea, masih gabisa bikin. IQ jongkok, g ngrti2 ckckck -____-” needsomehelpoverhere :(

  16. bjosh August 23, 2010 at 8:31 am Reply

    tks yach… ntar anak ku tak ajarin dech…. tks, mbak yang cantek n baek hati….

    • Sovira August 24, 2010 at 11:07 pm Reply

      okee, sama-sama :)

  17. kang agus September 22, 2010 at 2:59 pm Reply

    salam… kenal..

    lagi pengen latihan buat origami…

    silahkan mampir2

  18. tantenya Adissa October 9, 2010 at 10:41 am Reply

    hai mampir lagi, googling cara bikin origami burung eh nemu di sini, makasih ya udah jadi burungnya :)

    • Sovira October 9, 2010 at 4:57 pm Reply

      iya, sama-sama :)

  19. bino October 14, 2010 at 10:25 pm Reply

    mksh ya
    akhir nya selesai juga
    untung ada pentunjuk dari kamu
    ada yang laen ngak????
    blz ya

  20. nur October 26, 2010 at 6:49 pm Reply

    kretif………………..
    taoi but x jadi he he he

  21. sessy November 2, 2010 at 10:28 pm Reply

    aku sengaja nyari tutorial buat burung karna mau buat 1000burung.
    ada permintaan hati yang ga mau d kecewain lagi. hehe

    makasii ya kak post nya bermanfaat ;)

  22. arie November 5, 2010 at 2:39 pm Reply

    trimakasih ya sudah ngajarin…
    hasilnya bagus bgt..

    trimakasih

  23. Tinto November 5, 2010 at 4:23 pm Reply

    Demi dia aku akan membuat 100 ekor burung kertas

  24. pop gurlz November 6, 2010 at 7:56 am Reply

    tambah tambah la origmi……….

  25. putra November 8, 2010 at 10:29 pm Reply

    alhamdulillah aku dah bisa ,;) ,;) ,;)

  26. putra November 8, 2010 at 11:24 pm Reply

    hem……… ,;)>

  27. putra November 8, 2010 at 11:25 pm Reply

    hemmm

  28. melysachai November 9, 2010 at 7:41 pm Reply

    aduh sist, step yang ke empat kyak gmana?? lebih detail lagi donk sis jelasin na cara yg no 4. hehee

  29. ricky_anthony November 10, 2010 at 11:36 pm Reply

    thanks atas post nya ya… ^^

  30. Ais November 13, 2010 at 10:13 am Reply

    kurang jelas itu petunjuknya tiba tiba bisa gitu

  31. anduka fuul November 15, 2010 at 8:32 am Reply

    tanks zach… aq jd ingget cara mbuatnya…

  32. a December 1, 2010 at 6:15 am Reply

    subhanallah…
    sukron…

  33. Arie December 1, 2010 at 4:04 pm Reply

    hi…lam kenal, blog kamu bagus kok…mampir ke blogku ya…

  34. deeyan December 9, 2010 at 3:50 pm Reply

    makasii banyak yaa >.<
    bermanfaat sekali XDD

  35. wiko kuswandi December 21, 2010 at 3:45 pm Reply

    bagus tuh origami nya

  36. bambang December 22, 2010 at 12:04 pm Reply

    makasih ya cara buat burung2an. sudah lama cari panduan buat itu baru sekarang dapet. lumayan buat ajari anak d rumah

  37. lhya December 23, 2010 at 10:50 am Reply

    thanks y buat infox,,,dari dulu aku pngen bnget bljr bkin burung dri krtas dan akhirx kesampaian jga dhe,,heheheh

  38. baety December 26, 2010 at 9:25 pm Reply

    makasih…
    jadi inget lg nich cra buatny…
    smpet lupa.hehehe.

  39. alex February 19, 2011 at 9:44 am Reply

    tararankyou……….

  40. Mutiara February 19, 2011 at 8:07 pm Reply

    bagus ya

  41. Mutiara February 19, 2011 at 8:09 pm Reply

    bahus ya, burung kertas nya..

  42. Julx March 2, 2011 at 10:32 am Reply

    Waduh!! Ptunjuk 1,2,3,4,5,6 bisa! Dari 7 aq bingung, kurang ngrti pnjlasx 7. Buka sisi2nya shingga yg trlipat jadi ada didpan? Putar 180¤ Trus 8. Tarik ujung bwah ke atas? Aku bingung kok bisa ada 2 bagian? Waduh udah 1 jam utak atik ttap ga’ bisa? Puyeng >_<"! Maklum bru bgt!

  43. tio ja March 3, 2011 at 9:08 pm Reply

    aw aw aw aw …
    kerend abis..

    emm,
    minta ijin copy ea..
    adek ku dapet tugas dari sekolahannya,
    suruh bikin clangkah – langkah membuat maninan burung dari kertas..

    eh ketemu punya svira,
    aku : emm boleh ea…
    Sovira : iya boleh kog, gak papa… :)
    aku : waaah sovi baik dech ..
    makasih ea vi..

    hhe,

    CenyumBiarCemangat…

    • Sovira March 22, 2011 at 3:43 pm Reply

      haha :lol: iya boleh boleh kok

  44. ziah March 10, 2011 at 4:58 pm Reply

    tlong krimin cra buat bunga nya

  45. 'thata' nita puspita March 10, 2011 at 11:12 pm Reply

    hemm susah bngt :(
    pngen buat bngt tuh burung origami :(
    ak coba deeh , doain berhasil yah ?
    makasi :D

  46. Rizal Yan March 14, 2011 at 6:56 pm Reply

    hahaaaa…
    thanks, post anda membantu saya membuat mainan untuk adik saya :D

  47. Michell Christian March 18, 2011 at 8:37 am Reply

    kata2 nya sulit untuk d’pahami…?????????????
    tlong lebih jelas lg yh mbak?????????????? :) :D

    • Sovira March 22, 2011 at 3:36 pm Reply

      waduuh, padahal sudah ada instruksi di gambarnya ~.~ coba lihat gambarnya aja mas, kalo tulisannya susah dipahami.

  48. ratna March 21, 2011 at 8:39 pm Reply

    nice info…
    makasih…

  49. ancha March 24, 2011 at 12:04 pm Reply

    thanks ya

  50. ancha March 24, 2011 at 12:33 pm Reply

    susah banget sih pas buat bintangnya.
    sampai nangis tau ngebuatnya.

  51. danie March 25, 2011 at 3:42 pm Reply

    belajar origami di sela-sela break kerja, seru juga. tq

  52. eri March 25, 2011 at 4:23 pm Reply

    dah bikin malah bingung…

  53. sofia March 26, 2011 at 4:13 pm Reply

    thanks, now I can…

  54. yoga April 1, 2011 at 10:04 pm Reply

    bgs banget,, tugas jepang akhirnya selesai..
    terima kasih ya..

  55. Vio April 18, 2011 at 12:05 pm Reply

    ada trik origami yg lain ga ..??? posting donkkkk… klo yg burung saya dah lam tw…

    klo leh yg bnyak ya cc….

    oia 1 lagi
    katanya origami burng ini menandakan kita sayang ma seseorang saat kita kasih origami ini kepada orang….

    give your love to your true love…

    nice day cc imeot…
    salam knal

  56. dila April 19, 2011 at 7:37 am Reply

    wew,,, i like it.. :)

  57. intan April 28, 2011 at 9:51 pm Reply

    makasih banyak yach Sovira,,jelas bangetttt cara-caranya n gampang diikutin karena ada fotonya juga..
    udah dipraktekkin buat mbikinin anak perempuannku n jadi !! bagus bangettt.. makasih byk yach..

  58. zhona May 3, 2011 at 10:01 am Reply

    sebal

  59. editha laras dewi adik erdian May 3, 2011 at 10:06 am Reply

    masa bikinnya susah banget tau gak sih lho

  60. mellisa May 22, 2011 at 12:34 am Reply

    kak cara yg no 6 itu maksudnya apa yah???
    saya cuma bisa buat sampe no 6 aja.. :(

  61. Sovira May 25, 2011 at 8:47 pm Reply

    itu bentuknya diamond gitu kan, ujung kanan sama kiri ditarik ke tengah sampe kebentuk kayak gambar no 6. maksudnya bagian yang membelah ituu.. kan sisi atas sama bawah beda. ada yang utuh, ada yang kayak kepotong jadi 2.. nah, pastiin yg kepotong itu tempatnya di atas.

  62. rangga June 4, 2011 at 6:57 am Reply

    kaya gimana cara membikin burung dari kertas warna

  63. renata June 6, 2011 at 4:50 pm Reply

    mau nanya, ada cara buat bikin origami kaya gambar paling pertama gak? yang bentuknya agak kaya bintang gitu.. kalau ada, tolong dibikin posting dong hehehe aku pengen bikin tapi udah keburu depresi nyari caranya haha. makasihhh :-)

    • Sovira June 6, 2011 at 6:18 pm Reply

      aku nggak pernah nemu sih, ntar kalo sempet deh dipost ;)

  64. Muhammad Nur Fahmi June 20, 2011 at 12:46 pm Reply

    waduh susah ya-__-
    sampe 5 kali coba ini hahaha

    • Sovira June 25, 2011 at 8:27 pm Reply

      dicoba terus dong, jangan nyerah! :D

  65. bangdanu June 21, 2011 at 10:37 am Reply

    Mantap postingannya. Sangat berguna. Lanjutkan sis… :)

  66. tante lia June 22, 2011 at 8:27 am Reply

    waah makasih ya de’ vira… anak tante ada tugas dari sekolah ada yang lain gak origaminya..misalnya bentuk bunga tulip itu….

  67. lek2pn jkt June 29, 2011 at 11:43 am Reply

    tx infonya

  68. ayya July 5, 2011 at 9:38 am Reply

    akhirnya dapet juga cara bikin origami burung setelah sekian lama mencari. Makasih ya.. Instruksinya mudah dipahami dan ada gambarnya jg, jd ga bikin bingung.. Aku udah bikin 1, sekarang tinggal bikin 999 lagi deh biar jadi 1000. Hehehe
    Sekali lagi thanks ya vira.. :D

  69. ari July 6, 2011 at 7:27 am Reply

    trim’s ya petunjuknya
    di tunggu origami lainnya

  70. irana July 7, 2011 at 5:35 pm Reply

    gampang banget cara ngebikinnya jadi aku pinter origami deh aku bisa ngebuat bnga teratai,burung,bintang,apel,strawberry ,dan lain-lainnya

  71. Melawati Ijogem July 22, 2011 at 2:44 pm Reply

    susah ya,, klo gak liat lgsug.. mau donkz di saya di ajarin …………

  72. Devina July 25, 2011 at 5:59 pm Reply

    makasih yya bwt infonya ^^

  73. memey July 27, 2011 at 9:12 am Reply

    kalo bikin burung aku udah bisa ..
    tapii kalo bikin bunga itu gmana ???

  74. antoni July 29, 2011 at 3:16 pm Reply

    dari pagi sampai siang akhirnya bisa jga
    he he he he he …….

  75. Meyya July 29, 2011 at 5:14 pm Reply

    Makasi kak .. Atas instruksinyaa..
    Bhasanya mudah di pahami , jadi gampang deh bikinya..
    Sekali lg makasii :’))

  76. dyah ayu August 11, 2011 at 3:39 pm Reply

    anakqu mnt d bikinin origami burung…jiaaaahhhhhhh mama’ny bingung plus kelabakan sndr. Buka…buka…….eeeeeeeeeeee ketemu d sini.
    sekali buat lngsung jadi…alhamdulillah…..lega…

    anakqu senenggg tuch…
    makasih ya mbak… :) :) :)

  77. uchiasachi August 12, 2011 at 12:26 pm Reply

    thank`s uda ngajarin…tapi, 1000 burung kertas buat 1 permintaan??ngga ada diskon ya??hehehe

    • Sovira September 16, 2011 at 10:23 pm Reply

      yaah emang barang nggak laku pake didiskon segala hehehe

  78. urbah fatimah August 14, 2011 at 9:23 pm Reply

    makasih banget udah ngepost begini kalo gak ada gabisa ngebayangin deh gimana saya bisa mengerjakan tugas adik saya ‘membuat burung dari origami’

  79. srulz September 5, 2011 at 2:14 pm Reply

    susahnya buat origami…. :D

    salam kenal…

  80. ok aje..(d'riun) September 5, 2011 at 6:52 pm Reply

    x faham sangat la..

  81. aliff najmi September 15, 2011 at 3:39 pm Reply

    saya akan mencube…..(Y)

  82. Firdha October 2, 2011 at 9:11 pm Reply

    Kreasi ny bgUz sKali. . . .

  83. Dietha Siie Thata October 16, 2011 at 10:59 am Reply

    menyenangkan juga bikin origamiii…
    tapii lamaa..

  84. richard_aja October 25, 2011 at 9:46 pm Reply

    lumayan buat di jual laku….

  85. skinnyblues October 26, 2011 at 12:49 pm Reply

    wah ada2 aja
    Yg jelas permohonan utk ngebuat 1000 biji terkabul :D

  86. akbar October 28, 2011 at 3:15 pm Reply

    susah bagian bagian yang keempat

  87. Kim Lee October 29, 2011 at 9:39 pm Reply

    Thanks, br di usia22th aku bsa buat origami.hehe

  88. Nabila Anjani November 1, 2011 at 7:59 pm Reply

    kok yang petunjuk nomer 4 susah ya?! aku gak ngerti

  89. arjunna November 4, 2011 at 7:08 pm Reply

    buatkan sebanyak 9999 buah tapi terbuat dari plat alumunium yaaa…:)

  90. Siti Hapsah November 7, 2011 at 10:38 am Reply

    saya suka bangeeeeet, biar nanti saya buat yg buanyaaaaak untuk di pajang di TK saya, trim,s ya

    • Sovira November 8, 2011 at 7:06 pm Reply

      Sama-sama. Semoga sukses :)

  91. isal November 16, 2011 at 8:50 pm Reply

    aduh susah bgt sih intruksinya gak jelas

    • Sovira December 22, 2011 at 6:31 pm Reply

      kurang jelas dimananya?

  92. bella December 13, 2011 at 9:51 am Reply

    i like this.. Ada bentuk yg lain ga

  93. CACA December 27, 2011 at 3:27 pm Reply

    keren

  94. Zain January 11, 2012 at 11:01 pm Reply

    .. buat tahap akhir cara menariknya dan tahap no 7 agak rumit.. instruksinya kurang jelas.. aku masih belum mengerti.. thx mohon bimbingannya..

  95. Zaiin:) January 14, 2012 at 10:01 am Reply

    makasih y.. blog ni sgt membantu..salam knl.. kemarin yang ditwitter aku yang ngetweet kamu..

  96. faizhusaini January 19, 2012 at 10:52 am Reply

    macam bes tu

  97. faizhusaini January 19, 2012 at 10:53 am Reply

    :P
    \

  98. nitha January 24, 2012 at 5:59 pm Reply

    aku mau donk yg bunga nya…

  99. irwan January 28, 2012 at 11:59 pm Reply

    kalo badan nya kurang mengembang di tiup aja dari bawah

    • Sovira February 3, 2012 at 6:44 pm Reply

      Makasih tipsnya. :)

  100. quinie February 4, 2012 at 5:45 pm Reply

    nemu postingan ini saat lagimalem mingguan ama suami & adik. akhirnya kita buat burung ini deh.. makasih ya instruksinya.. :)

    • Sovira February 4, 2012 at 5:45 pm Reply

      sama-samaaa :)

  101. avril lia lop lop'n February 27, 2012 at 9:15 am Reply

    alhamdulilah bisa jga bikin burung’a.. wah mw donkk di ajar’n bkin bunga’a……..

  102. acturindra February 27, 2012 at 6:57 pm Reply

    hai, terima kasih ya. sebab dari postingan kamu ini, saya jadi bisa buat bangau kertas. oia tiap hari saya buat 1 bangau kertas, sekarang sudah hari ke 5. rencananya bangau-bangau kertas yang saya buat, akan saya persembahkan buat ibu saya. sekali lagi terima kasih ya. salam :)

    • Sovira February 29, 2012 at 7:29 pm Reply

      wah, so sweet :)
      semoga sukses yaa proyeknya. salam kembali :)

  103. DiniFitriRamadani February 27, 2012 at 8:43 pm Reply

    Hmmmmmmm
    I like membuat burung dr krts origami

  104. zaitun March 20, 2012 at 4:03 pm Reply

    yuk kalo buat bentuk kotak kato bisa gak’..?

  105. fenti March 24, 2012 at 8:00 pm Reply

    Aduh butuh perjuangan juga yea…. tapi habis langkah ke enam selalu mentok…. mohon jelasin lebih detail yea…. trim’s

  106. rizky March 28, 2012 at 4:48 pm Reply

    Terima kasih atas tips nya.

  107. [...] 11, 2010 Articles , Only My Mind , Pictures , Uncategorized131 Comments Tags: My [...]

  108. Benn April 14, 2012 at 8:37 pm Reply

    Yg ni gmpang d pahami nich , ,td dah buka” yg lain malah bkn mumet , ,haha
    aq dah kpngen bkn dr dlu karn n0nton film indie yg judulny seribu sura , , mitosny jg dah tw dr dulu , , ,tp bkan it sh tjuan utama , cuma pngen buat hiasan d kios qu , , ,thanks yach. ^ ^

  109. magnolia tehupuring April 18, 2012 at 5:25 pm Reply

    susah banget.!
    aku jadi bingung sendiri -_-

  110. Setia_Sukses April 22, 2012 at 2:05 pm Reply

    kk mkasihh yahh akhirnya aku bisaaaaaaaa

  111. Iwan May 5, 2012 at 12:54 am Reply

    Ok

  112. ZeloNisa May 12, 2012 at 2:54 pm Reply

    susahnya nak buat no. 4… naik gila saya buat benda2 x dpt2.. maklumlah saya baru jer 11 tahun.. nge2 !!~~

  113. Yosi May 14, 2012 at 2:40 pm Reply

    Yg no.4 bagian dua bikin bingung,gak jelas…gman carany bsa gtu…mohon gambrny yg detail

  114. air May 27, 2012 at 9:53 am Reply

    Buat 1 ja susah pa lage wat 1000 alamakkkkk….

  115. aulia May 27, 2012 at 10:46 pm Reply

    buat yang nomer 4 yang di bawahnya itu gimana caranya?

  116. smalas May 30, 2012 at 12:44 pm Reply

    Makasih Tips nya, akhirnya bisa juga buat burung Origami.
    Bisa buat ngitungin hari, jatahnya pulang :D

  117. chieri June 3, 2012 at 6:01 am Reply

    makasih ya..
    akhirnya bisa juga bikin origami ni bururng sendiri :D
    biasanya aku suka minta dibikinin sama temen aku

  118. firdaus June 16, 2012 at 12:09 pm Reply

    good

  119. Tiara June 16, 2012 at 6:55 pm Reply

    aku agak binguuung

  120. Wahyu June 27, 2012 at 6:00 pm Reply

    hiks gga bisaaa …… ;hwaaaa …

  121. vieri June 29, 2012 at 11:52 am Reply

    Oh iya kak Sovira katanya kalo bikin 1000 origami burung permohonan ny a bisa terkabul katanya itu mitos Jepang
    terus juga aku pernah liat di berita ada anak perempuan dari US itu buat 1000 origami buat Jepang

  122. Irene Iren July 2, 2012 at 11:34 pm Reply

    susah banget pgnnya buat 1000 eh 1 aja blm tamat…… :(

  123. deya raya (@deya_raya) July 22, 2012 at 10:32 am Reply

    susah amet bikinnya jadi gak bisa

  124. danish August 6, 2012 at 1:06 pm Reply

    waduh susah bangat

  125. Ihsan August 12, 2012 at 11:06 am Reply

    Gan Mending Beli Burung Asli Bisa Terbang

  126. vieri August 12, 2012 at 2:24 pm Reply

    Mbak Sovira bisa gk kalo bikin origami Canada Goose yg did design sama roman diaz tolong yaa!! aku gk bisa bikin!!!!! :(

  127. ant August 30, 2012 at 3:36 pm Reply

    de boleh buatin burung origami.a 999 g?? tenang fee.a ada ko..

  128. Deden September 1, 2012 at 9:21 am Reply

    Aq bisa. . Aq bisa. . . Tapi sis. . . Ini burung cewek apa cowok? Hahaha. . .bcanda. .thanks ya sis.

  129. dede rose September 2, 2012 at 12:17 am Reply

    yee bisa juga akhirnya, makasih ya cara’a..

  130. Rickha Apriyanti September 7, 2012 at 5:59 pm Reply

    aduuh,makasi bgt,akhirnya aku bisa juga…

  131. Dea Kartikowati September 7, 2012 at 8:31 pm Reply

    yeee… aq bisa.. mkasih ea….
    tp kyk’a aq gk bkalan bwt brung krtas 1000.. soal’a bwt stu aj lma’a mnta ampun aq bsa bngkrut mndadak tw… :)

  132. Eka Widianti September 13, 2012 at 8:28 am Reply

    makasih ya sist, jadi bisa bantuin anak yang dapat pekerjaan buat burung origami dari sekolahnya. sangat membantu.

  133. putri September 25, 2012 at 8:26 pm Reply

    susah banget bukannya jadi malah ancur

  134. Fajarni Westt October 14, 2012 at 1:00 pm Reply

    mmmm baru jelas nih…..

  135. nita October 26, 2012 at 10:44 am Reply

    yg bunga gmna cr bwtny?…..

  136. sevenlovers November 1, 2012 at 8:24 pm Reply

    wuaah…, asyik akhr.a bsa bkin origami jga :D
    Pdhal hmpir nyerah krn bngung, tp stlh lht blog ini q jdi bsa..

    arigato :)

  137. andri November 6, 2012 at 10:17 am Reply

    blog nya rame ya

  138. desi bella imouet buanget November 11, 2012 at 6:44 am Reply

    waw origaminya kereen uga tuh tapi kayaknya susah bikinnya

  139. GESTA November 18, 2012 at 3:17 pm Reply

    KARENA BLOG BUATAN MU QK JD SELESAI BUAT TUGA SENBUD NIIIIIIIIIIII…..

  140. pray November 29, 2012 at 9:00 pm Reply

    hhhhhhhhhhhhhhh mau dong burungnya

  141. pikychan58 December 4, 2012 at 2:35 pm Reply

    kereeennn…aku jadi tau caranya. wktu itu prnah dikasih tau sm temen tp dia ngasih tau yg salah makanya ngaco -_-” #curcol

  142. Dhan-dhanKlopedia Be Successful December 10, 2012 at 4:51 pm Reply

    ada versi yg lebih simple gak?????

  143. noorjani December 15, 2012 at 8:13 pm Reply

    aku kemaren bikin tapi waktu selesai kok dibagian tengah atasnya kaya ada sudut lancipnya gitu tapi hasil punya kamu keliatannya nggak ada apa sudut diburung kertas punyamu kamu tekuk kedalam gimana cara mengatasinya ya

  144. miss madam January 9, 2013 at 2:58 pm Reply

    masih belum…haiya… :(

  145. pinturizky February 1, 2013 at 2:11 pm Reply

    Thanks banget yaaa panduannyaaa!!
    aku jadi nambah skill baruuu… hihihihi… ^__^v

  146. ghani March 8, 2013 at 9:26 am Reply

    susah nye

  147. Kanayah April 2, 2013 at 11:37 am Reply

    Susah ya

  148. sugengsetiawan93 May 2, 2013 at 11:45 am Reply

    thanks bget ea bwt paduannya,,krn q msh dlm thap newbie

  149. Debbie May 19, 2013 at 4:10 pm Reply

    Kak steps nomor 5 aku ga paham, diperjelas dong kaaak:’)

  150. adikputrilarasati69 May 23, 2013 at 4:13 pm Reply

    thanks buat ilmunya :)

  151. ayhu02ajaa May 27, 2013 at 10:49 am Reply

    Izin Share ya :)

  152. nunung July 2, 2013 at 3:52 pm Reply

    ruwet mbak… tapi Alhamdulillah dengan penuh perjuangan akhirnya bisa juga… demi anak2 mbak…..

  153. Feby July 8, 2013 at 11:28 pm Reply

    Kok aku masih nggak bisaa???

  154. talhita anindya July 27, 2013 at 11:23 am Reply

    agak payahh……

  155. angga.sasmita July 31, 2013 at 8:27 am Reply

    wah endak bisa niihh (kls 5)

  156. princessoktarulysinaga August 9, 2013 at 8:36 pm Reply

    Wah mba thank you ya infoo nya,mau buat 1000 burung ah biar bisa minta petra sihombing :) hehehey

  157. WindiCahya August 23, 2013 at 1:20 pm Reply

    Insya allah deh bikin 1000 Yang penting pemintaan nya terwujud :)

  158. kaarina September 14, 2013 at 12:38 pm Reply

    Terimakasih sudah membagikan cara membuat burung origami. Akhirnya saya bisa mengingat dan membuat kembali burung origami. Ada banyak postingan serupa, tapi tak semudah dan sejelas yang mba bagikan. Thank you banget ya…!

  159. putri October 12, 2013 at 8:23 am Reply

    thank’s y caranya…………….

  160. YSW March 16, 2014 at 3:15 pm Reply

    Aaa…aku ga bisa buatnya :(
    Kalimatnya aku ngga ngerti, mian :(

  161. ahmad muizz April 8, 2014 at 9:38 am Reply

    yeaaa aku dah pandai buat………………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s