Internet

Internet

Internet merupakan jaringan rangkaian komputer (networking) dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia.

Dengan Internet, kita dapat…

  • Browsing/Surfing
    Browsing berarti menjelajah dan surfing berarti berselancar. Di internet istilah ini berarti menjelajah dunia maya atau web guna mencari informasi.
  • Email (Electronic Mail)
    Email adalah layanan pengiriman surat secara elektronik. Web yang menyediakan layanan email gratis misalnya Yahoo! mail atau Gmail.
  • Teleconference
    Teleconference adalah layanan pengembangan dari chatting yang dapat digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Layanan ini biasa digunakan untuk rapat atau pertemuan jarak jauh.
  • Dan lain-lain. Hehe:mrgreen:

Internet saat pertama kali dibuat dulu tidak seperti internet jaman sekarang yang kita pakai sehari-hari. Dulu, internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Dephan AS di tahun 1969 melalui proyek ARPANET, tujuannya untuk keperluan militer, untuk menyebarkan jaringan komputer dengan menghubungkan komputer di daerah vital untuk mengatasi kehancuran data jika informasi dipusatkan di satu daerah saja.

Namun sekarang, tidak hanya pihak militer saja yang menggunakan internet, namun hampir semua kalangan, baik dari pemerintah, perusahaan, pekerja, pelajar, maupun umum. Fungsi internet pun sekarang sudah berkembang, menjadi alat untuk berkomunikasi, mencari dan menyediakan informasi, bahkan promosi.

Untuk dapat menghubungkan diri kita dengan internet, kita memerlukan hardware sebagai berikut:

monitor, keyboard, CPU, mouse, speaker

Perangkat Komputer

  1. Komputer
    Komputer adalah perangkat utama untuk mengakses internet. Spesifikasi computer yang digunakan dan koneksi melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja dalam mengakses internet.
    Adapun spesifikasi computer yang digunakan antara lain sebagai berikut: 

    • Processor minimal pentium III 500Mhz
    • RAM (Random Access Memory) minimal 64MB
    • Hardisk minimal 10GB
    • VGA card minimal 4MB
  2. modem smart

  3. Modem
    Modem yaitu perangkat yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya.
    Berbagai jenis modem antara lain: 

    • Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Max kecepatan 56Kbps.
    • Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Kecepatan mulai dari 64Kbps – 256Kbps.
    • ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Kecepatan mencapai 512Kbps.
    • HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Kecepatan mulai dari 64Kbps – 2Mbps.
  4. kabel UTP

  5. Saluran telepon
    Penggunaan saluran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up.
  6. router

  7. Router
    Router yaitu perangkat yang berfungsi sebagai penghubung dua atau lebih jaringan maupun internet guna meneruskan data dari satu jaringan atau internet ke jaringan lainnya.
  8. LAN Card

  9. LAN Card
    LAN Card adalah perangkat yang berfungsi sebagai jembatan darikomputer ke sebuah jaringan komputer.

Seperti yang saya tuliskan di atas, untuk dapat melakukan akses internet, kita tidak bisa lepas dari modem, yang fungsi utamanya yaitu sebagai alat bantu yang memungkinkan komputer berhubungan dengan komputer lain melalui kabel telepon dengan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Juga saluran telepon yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet melalui dial up connection.

Di samping kedua perangkat tersebut, ada satu lagi hal yang tidak kalah penting dari berbagai hardware akses internet, yaitu ISP. ISP adalah penyedia jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Kita dapat langsung mendaftar ke salah satu ISP yang ada di lokasi masing-masing, misalnya: Indosat, Moratel, atau Telkomnet.

binary number

Satu hal penting lagi yang patut kita ketahui mengenai internet yaitu Data Digital. Data digital adalah semua data yang terdapat pada komputer, data ini terdiri dari rangkaian angka 1 dan 0, atau lebih dikenal dengan bilangan biner, data digital ini pada umumnya disimpan dalam ruang penyimpanan yang berupa perangkat elektromagnetik, seperti optical drive, harddisk drive, dan lain lain.

Sekian penjelasan singkat tentang internet dari saya, semoga artikel ini dapat membantu anda.

Tagged: , , ,

One thought on “Internet

  1. Satria February 25, 2011 at 10:16 pm Reply

    Untuk bilangan biner, sini saya bantu…
    ada artikel tentang bilangan biner di sini

    http://satriaskyterror.wordpress.com/2011/02/25/tentang-biner-binary-number/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s