Mengapa Kita Merasa Bosan?

Secara umum, bosan didefinisikan sebagai suatu emosi manusia yang merasakan hilangnya perasaan, kurang stimulasi, atau hilangnya minat. Bahkan minat untuk hidup, hingga manusia ingin bunuh diri. Eh, nggak segitunya kali yaaa 😳

Kebanyakan orang berusaha mengatasi perasaan bosannya dengan cara mencari kegiatan atau kesibukan yang mungkin bisa menghilangkan kebosanan tersebut. Namun, ternyata tidak semua rasa bosan dapat dihilangkan begitu saja dengan kesibukan baru. Hah? Memangnya bosan bermacam-macam?? Ya, eh, nggak, eh iya sih. Menurut penelitian saya, bosan terbagi menjadi dua:

    1. Bosan Karena Jenuh

    Biasanya bosan karena jenuh menerpa orang-orang yang memiliki rutinitas hidup yang tiap harinya gitu-gitu aja. Bangun, mandi, makan, kerja, pulang, makan, tidur, bangun lagi. Atau kalo seperti pelajar seperti saya.. Bangun, mandi, makan, sekolah, pulang, makan, belajar, tidur, bangun lagi. Tapi untungnya saya tidak pernah merasa terlalu jenuh dengan kehidupan yang seperti itu. Hahaha 😆

    Namun ada juga orang yang jenuh gara-gara mengerjakan suatu kegiatan terus-terusan tanpa tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti. Awalnya mungkin semangat banget tapi karena nggak sabar ingin mengakhiri kegiatan, ia pun merasa bosan.

    Untuk menghilangkan rasa bosan yang satu ini cukup mudah. Hanya dengan menghentikan kegiatan tersebut untuk sementara dan mencari kesibukan baru yang lebih menyenangkan. Tentunya kalau perasaan bosan tersebut sudah hilang, sebaiknya kembali ke rutinitas sebelumnya. 😉

    2. Bosan Karena Kesepian

    Bosan karena kesepian sering terjadi pada setiap orang namun biasanya cepat hilang sehingga orang tersebut lupa bahwa dia pernah mengalami kejadian bosan tersebut. Bosan ini sering terjadi pada orang yang potensi sosialnya tinggi. Jadi, sedetik dia tidak berinteraksi dengan orang lain, bosan ini akan datang menemaninya. Namun secepat kilat, bosan ini cepat muncul, cepat juga hilangnya.

    Biasanya kalau bosan ini mendatangi orang yang sedang tidak ada kegiatan apapun, orang akan melampiaskan rasa bosan itu dengan tidur. Karena makan, mendengar musik, baca buku, tidak akan menghilangkan perasaan bosan tersebut. Dia merasakan dilema cinta kebutuhan akan bersosialisasi.

    Dia akan merasa lega dan bersemangat kembali jika ada seseorang yang datang untuk mengajaknya ngobrol atau bermain. Tentu orang ini bukan orang yang tidak diinginkan seperti maling, rentenir, dan sebagainya. Melainkan teman, pacar, saudara, dan orang-orang yang dekat dengannya. 🙂

Jadi, agar dapat mengusir rasa bosan dengan cara yang tepat, cukup hafalkan rumus ini:

Bosan karena jenuh = Carilah hiburan yang menyenangkan
Bosan karena kesepian = Biarkan hiburan mendatangi anda

Oke, sekian dari saya, semoga anda dapat menghilangkan perasaan bosan anda. 🙂

Advertisements

18 thoughts on “Mengapa Kita Merasa Bosan?

  1. Kalau sepi jadi bosan kemudian cari keramaian, tapi kalau sudah ramai kemudian bosan dan cari tempat yang sepi…

    Yang belum ada pendamping bosan kesepian, yang punya pendamping bosan dengan semua rutinitasnya…

    Bosan hanya ada ketika kita tidak memahami kehidupan…

    Reply
  2. 1 hal mengapa kita bosan..
    yaitu.. :

    TIDAK BERTEMU DENGAN BREGMA ABIYASA LANI PANDANGO..!!
    wkawkawkawka..

    jawaban yang sepertinya sudah semua orang tau..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s