Demam Batik, Let’s Membatik Together!

Ada apa dengan batik? Apa yang membuatku posting tentang batik? Ada apa sebenarnya di balik batik?Kain Batik Tante Wiki bilang,

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini…

Batik sudah menjadi bagian dari keseharian seorang siswa terpelajar [wow!] macam aku. Bayangin aja, tiap hari Rabu & Kamis aku selalu melihat kain batik berwujud seragam sekolah di seantero Sidoarjo. Mulai dari sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMA, seluruh siswanya memakai seragam batik. Belum lagi kalo para guru juga pakai seragam batik! Sungguh batik telah mempengaruhi kota Sidoarjo! [lebay mode : on]

Tapi, ada hal yang lebih penting dari seragam batik itu. Yaitu, Pelajaran Membatik! Pelajaran yang hanya ada di kelas 7 ini cukup fenomenal di kalangan pelajar SMPN 1 Sidoarjo. Bagaimana isi pelajaran itu, Bagaimana cara prakteknya, hingga bagaimana keadaan anak-anak yang sedang mempraktekkan membuat batik. Dari pengalamanku sendiri tentang membatik ini, memang banyak sekali komentar.

Sedangkan, urutan/langkah-langkah membuat batik adalah sebagai berikut:

MordantingNgemplongLemahanWarnaFixasiNglorod

Sungguh sangat ribet sekali membuat selembar kain batik itu. Pertama, kita membuat gambar batik diatas kain yang sudah direbus/digodok dengan tawas (tentunya sudah dikeringkan dan dilemaskan).canting Bagian ini lumayan gampang lah. Kemudian kita mulai mencanting kain itu. Mencanting maksudnya mengaplikasikan lilin/malam diatas kain. Kegiatan ini memerlukan alat bernama canting.Rizka manasi canting

Nah, bagian ini merupakan bagian sulit. Karena melukis dengan canting sangat berbeda jika menggunakan pensil. Banyak kendala yang menghampiri kelompokku pada saat proses mencanting ini. Mulai dari kompor yang apinya gak mau nyala alias apinya super duper kueciil banget. Terus, dilanjutkan dengan masalah pada alat canting yang dipakai. Ternyata, gara-gara api yang kecil itu membuat canting yang kami pakai tidak panas dan lilin/malam yang keluar tersendat-sendat. Alhasil, kami pun bersusah payah mencanting kain itu dengan keadaan seadanya..

ocha said: cape.. dari tadi ngga slesai slesai...

Tagged: , ,

10 thoughts on “Demam Batik, Let’s Membatik Together!

  1. Sovira April 15, 2009 at 10:25 pm Reply

    Pertamax

    Hehehe… Itu tmenku yang pake krudung namanya Rizka.. Yang serius banget mbatiknya namanya Ocha.. Makasih kawan, kalian merelakan foto kalian kupajang…

  2. icha April 16, 2009 at 10:09 am Reply

    te!!!! jgand di pajang poo’o fotoq. cilvi minta dipajang lhooooo n bundhow juga mau dipajang fotonya

  3. Ocha..... April 16, 2009 at 10:15 am Reply

    dasarrr chopila nakal… ngasih foto aq di blog mu….

    aqkan jdi malu….

    huhuhh…
    sebel aq….

  4. Sovira April 16, 2009 at 3:29 pm Reply

    @ icha
    hahaha… abisnya wajahmu meyakinkan gtu… wee, bundho fotonya welek.

    @ ocha
    ga apa cha, biar ntar ada yg liat trus nawarin km jadi artis…

  5. bundho April 17, 2009 at 1:15 pm Reply

    @ sovira
    fto.mu yo eleg ae . makane gga mbog pajang .

  6. bundho April 17, 2009 at 1:18 pm Reply

    @ Sovira
    tapi tulisan.mu bgus .
    fto.na rizka jgag sngad myakinkan,,
    sperti ingin mncicipi sdikit rasa dari lilin it .
    haha .

  7. Sovira April 20, 2009 at 7:26 pm Reply

    @ bundho
    hehe… makasih udah bilang tulisanku bagus, aslinya aku cuma ngetik, komputernya yang tulisannya bagus.
    hah?? masa rizka mau makan lilin??? ntar didenda sama b.siti…

  8. Zelin May 13, 2009 at 9:49 am Reply

    yuupzzz bagus yahh foto – fotonya..

    memang betul, kita harus lestarikan BATIK

  9. Sovira May 14, 2009 at 3:34 pm Reply

    @ zelin
    makasih, padahal itu curi2 ksempatan…
    iyah, stuju!!

  10. ochy June 8, 2010 at 10:59 am Reply

    amin.. smoga aja..
    hahaha…xD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s