Pendaftaran/Penerimaan Siswa Baru SMAN 1 Sidoarjo RSBI Tahun 2012/2013

Halo, selamat datang disini!

Akhir-akhir ini banyak anak-anak kelas 3 SMP khususnya di Kabupaten Sidoarjo yang tiba-tiba kenalan, terus tanya-tanya ke aku soal pendaftaran tahun ini di sekolahku, SMAN 1 Sidoarjo. Berhubung aku udah kelas 3 juga, jadi aku nggak begitu ngikutin kabar-kabar pendaftaran dan nyaris semuanya aku jawab dengan “Maaf, aku kurang tahu..”. Tapi aku malah merasa bersalah, lha wong aku murid disini tapi kok malah nggak bisa jadi sumber informasi.

Jadi, aku hari ini buka web SMAN 1 Sidoarjo buat nyari informasi, dan ternyata sudah diupload sama adminnya 2 hari yang lalu. Supaya nggak ribet buka tab baru buat lihat informasinya, di bawah ini sudah aku copy-paste asli dari situ. Berikut informasinya.

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU RSBI
SMA NEGERI 1 SIDOARJO
TAHUN 2012/2013

Memperhatikan Peraturan Bupati Sidoarjo nomor 13 tanggal 26 Maret Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) Negeri di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2012/2013, maka kegiatan PPDB RSBI SMA Negeri 1 Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013 sebagai berikut:

A.    Pelaksanaan

  1. Seleksi dilakukan dua tahap, terdiri atas:
    1. Seleksi administrasi
    2. Seleksi penerimaan, terdiri atas:
      1.    Tes Tulis
      2.    Tes Lisan Kemampuan Bahasa Inggris
      3.    Tes Potensi Akademik
  2. Pendaftaran Peserta
    1. Pengambilan Formulir pendaftaran tanggal 7, 8, dan 9 Mei 2012
    2. Memasukkan data secara online di http://ppdb.sman1-sda.sch.id sesuai dengan jadwal (pastikan data yang dimasukkan sesuai  dengan rapot aslinya)
    3. Pengembalian untuk validasi data dan nilai peserta dilaksanakan pada tanggal 14, 15,dan 16 Mei 2012
    4. Syarat dan kelengkapan pendaftaran/seleksi administrasi:
      • Surat Keterangan  Sehat Jasmani dari dokter
      • Surat Berkelakuan Baik dari SMP/MTs (sekolah asal)
      • Surat keterangan bahwa siswa sedang duduk di kelas 9, atau fotokopi ijazah SMP/MTs yang telah dilegalisasi bagi siswa yang lulus SMP/MTs pada tahun sebelumnya  (maksimal usia 21 tahun per 1 Juli 2012)
      • Fotokopi rapor SMP/MTs kelas 7 sampai dengan kelas 9 (semester 1 s.d. 5) yang disahkan oleh Kepala Sekolah dengan menunjukkan rapor aslinya.
      • Nilai rapor SMP/MTs kelas 7 sampai dengan kelas 9 (semester 1 s.d. 5) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS masing-masing mempunyai nilai rata-rata minimal 7,50
      • Surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, bagi pendaftar dari luar kota (setelah pengumuman diterima)
      • Pas foto berwarna ukuran 3×4 (3 lembar)
  3. Pelaksanaan Tes
    1. Tes Tulis  dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2012.
    2. Tes Potensi Akademik  dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2012.
    3. Tes lisan Bahasa Inggris dilaksanakan tanggal 23 s.d. 25 Mei 2012.
    4. Waktu tes tulis 120 menit.
    5. Tempat tes di SMA Negeri 1 Sidoarjo.

B. Materi Tes

Tes terdiri atas:

  1. Tes tulis meliputi  mata pelajaran: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS
  2. Tes Potensi Akademik
  3. Tes lisan berupa wawancara kemampuan berbahasa Inggris.
  4. Tes bekerja sama dengan lembaga independen.

C. Penilaian

  1. Pengolahan nilai dilakukan oleh lembaga independen.
  2. Nilai adalah kumulatif dari semua nilai materi tes (Tes Tulis, Tes  Potensi Akademik, Tes Lisan Bahasa Inggris)
  3. Passing grade ditentukan berdasarkan jumlah siswa yang dibutuhkan.

D. Pagu

Pagu kelas RSBI SMAN 1 Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 9 kelas dengan masing-masing kelas berisi 32 siswa sehingga yang diterima sebanyak 288 siswa.

E. Pengumuman

  1. Hasil seleksi diumumkan pada tanggal 9 Juni 2012.
  2. Hasil seleksi diumumkan melalui pengumuman resmi di sekolah dan melalui website SMA Negeri 1 Sidoarjo.
  3. Daftar ulang bagi calon siswa yang dinyatakan diterima dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 Juni 2012

F. Ketentuan Lain

  1. Apabila setelah pengumuman kelulusan calon siswa yang sudah diterima ternyata tidak lulus SMP/MTs, yang bersangkutan dinyatakan gagal masuk RSBI SMA Negeri 1 Sidoarjo.
  2. Siswa yang dinyatakan diterima, dan tidak melakukan daftar  ulang sampai dengan batas waktu/jadwal yang ditentukan dinyatakan mengundurkan diri masuk RSBI SMA Negeri 1 Sidoarjo.
  3. Bersedia mengikuti berbagai program/kegiatan sesuai alur selama pelaksanaan PPDB.

G. Biaya Seleksi

Biaya seleksi PPDB sebesar Rp 200.000,- dibayarkan pada saat pengembalian formulir pendaftaran pada panitia.

Brosur pendaftaran bisa didownload disini.

Oh ya, buat adik-adik yang pengin tahu soal Smanisda, entah tentang tes masuknya kaya gimana, rasanya sekolah di Smanisda, seluk beluk kehidupan siswanya kaya gimana, bisa langsung tanya-tanya ke aku lewat e-mail atau facebook ya. Kalau tanya disini, kemungkinan kecil aku cepet jawabnya, soalnya sebentar lagi aku bakalan sibuk buat persiapan SNMPTN bulan Juni nanti dan otomatis aku bakal jarang buka laptop.

Jadi, nggak usah sungkan-sungkan, langsung kontak aku aja di:

E-mail: sovira_maris@yahoo.co.id

Facebook: http://www.facebook.com/sovira12

About these ads

Tagged: , , , , , , , ,

46 thoughts on “Pendaftaran/Penerimaan Siswa Baru SMAN 1 Sidoarjo RSBI Tahun 2012/2013

  1. riko May 7, 2012 at 3:26 pm Reply

    tes lisan bhs.inggris kaya gimana ya ?

    • Sovira May 8, 2012 at 3:15 pm Reply

      Tes lisan bahasa Inggris itu tes wawancara biasa, tapi bicaranya pakai full bahasa Inggris.

      • riko May 9, 2012 at 8:38 am

        wawancaranya tentang apa ??

    • wildan ainur December 12, 2012 at 10:10 am Reply

      kak tes akademiknya itu kyk gmna?

  2. OnSungra ^^ May 7, 2012 at 6:10 pm Reply

    Tes potensi akademik itu apa/gimana ya kak?

    • Sovira May 8, 2012 at 3:19 pm Reply

      Tes potensi akademik itu tes kemampuan dasar. Modelnya itu kayak tes IQ tapi bukan tes IQ. Materinya umum, dasar, misalnya kosakata, matematika dasar, logika dan nggak diajarin di sekolah, jadi memang nggak perlu belajar.

      • OnSungra June 9, 2012 at 12:57 pm

        Kak Sovi, thanks ya atas infonya.
        hari ini sudah diumumkan, dan ternyata aku diterima di Sman1sda ^^
        Tapi masih bimbang..

        y udh kak, thanks :)

      • Sovira June 12, 2012 at 4:52 pm

        Iya, sama-sama dek. Selamat yaa..
        Lah kenapa masih bimbang? Diikutin aja dulu dek, barangkali nanti cocok. :)

  3. damar May 9, 2012 at 11:35 am Reply

    dulu mbak ditanya apa tes lisan bahasa inggris nya ? :D

    • Sovira May 10, 2012 at 2:31 pm Reply

      Aku dulu ditanyain guru Bahasa Inggris di SMP kaya gimana. Tapi tiap anak itu beda2 lho dek pertanyaannya, jadi mending banyakin latihan ngomong pake bahasa Inggris di depan cermin atau sama saudaramu biar terbiasa. Toh yang lebih mempengaruhi skor itu caramu bicara, lancar-nggaknya, dsb.
      Kamu adiknya Dian ya?

  4. Catur Anagh DesSa May 10, 2012 at 10:54 am Reply

    mbak,, aku mengirim sesuatu di dinding mbak.. buka ya fbnya .

  5. puja May 10, 2012 at 8:33 pm Reply

    mbak tesnya itu sama pelajarn sma ta?

    • Sovira May 12, 2012 at 1:52 pm Reply

      Kalo aku dulu pelajaran SMP dek.

  6. Amin Setyo Budi May 17, 2012 at 1:15 am Reply

    wahhh :D ada kenalan baru nih ,,yg hobinya ngeblog juga :D

    mau daftar ke SMAN 1 Sidoarjo si mbak , tpi udah telat tanggal pendaftarannya :(

    Aku copas ya mbak :D hehe :P
    Salam Mbak !!

    • Sovira May 20, 2012 at 10:19 am Reply

      Salam kenal yaa.. :)

      Oke silakan.

  7. dedy May 17, 2012 at 8:50 pm Reply

    bentar lagi test…bisa ketemu mbaknya nih hehe..

    • Sovira May 20, 2012 at 10:18 am Reply

      Haha.. Sayangnya aku nggak di sekolah waktu hari tesnya..

      • dedy May 20, 2012 at 3:37 pm

        yah…emangnya mbaknya kemana hehe..

      • Sovira May 21, 2012 at 4:48 am

        Aku les dek. Kelas 3 kan nggak wajib masuk sekarang..

  8. Wio May 20, 2012 at 6:21 pm Reply

    tes psikolog itu apa si kak .. ?

    • Sovira May 21, 2012 at 4:48 am Reply

      Itu kayak tes IQ dek..

  9. Ageng June 24, 2012 at 10:36 pm Reply

    Mbak, jadi member akselerasi di Smanisda enak ya?

    • Sovira June 25, 2012 at 9:44 pm Reply

      Belum tentu kok. Ada enaknya tapi ada ga enaknya juga hehe

  10. Fakhrusy Rizqy July 5, 2012 at 5:48 pm Reply

    mbak, mw tanyak nih. kan yg g punya sim g boleh parkir di dalam kan? lha trus parkir di luar itu tempatnya di mana?

    Salam kenal mbak, aku ank X bru

    • Sovira July 5, 2012 at 7:05 pm Reply

      Biasanya anak-anak parkir di deket pos polisi depannya stadion jenggolo. Tahu jalan masuk ke Graha Kuncara, kan? Di pertigaan itu, deket pos polisi biasanya anak-anak parkir. Nanti ke sekolah tinggal jalan dikit.

  11. bella adelia September 19, 2012 at 7:52 pm Reply

    Semoga saya bisa diterima untuk bersekolah di SMAN 1 Sidoarjo
    Dan hamba mohon agar saya bisa membanggakan orang tua dengan bersekolah di SMAN 1 Sidoarjo
    Amin

  12. sarham agung November 25, 2012 at 9:39 pm Reply

    mba saya dari smpn 2 sidorajo apakah yang harus dipelajara buat ujian tulis?. makasi mba

  13. Siti Fatimah March 26, 2013 at 11:47 am Reply

    kak pendaftaran thn ajaran 2013/2014 kpn?

  14. Lolytha sekar April 13, 2013 at 5:42 pm Reply

    Kak Sovi, boleh tau resepnya kak Sovi bisa masuk smanisda? Makasi kak

  15. Wildan May 3, 2013 at 9:01 pm Reply

    mbak tgl test yg dlu sma skrng sma kan? :p

    • Sovira May 4, 2013 at 12:25 pm Reply

      waduh, kurang tahu aku dek kalo sekarang.. coba tanya ke guru atau langsung ke smanis aja dek :)

  16. tendi May 7, 2013 at 12:20 pm Reply

    mbak untuk pendaftaran tahun ini tahu nggak kapan ,atau mau cari info ke mana ya atau web nya sman1 apa ya ?

  17. aswin May 12, 2013 at 7:23 pm Reply

    mbak yang tahun 2013/2014 ada ndak?

  18. ......... May 16, 2013 at 7:47 pm Reply

    mbak, soal-soalnya itu ada yang dari kelas sma t ??

  19. Karina May 21, 2013 at 7:37 pm Reply

    Mbak mau tanya, dulu waktu mbak tes tulis itu berapa soal?
    Terus tes b. ingnya itu speaking, reading sama listening aja ta mbak?
    Makasih :)

  20. titiktitik May 23, 2013 at 2:09 pm Reply

    kak mau tanya nih, buat tes tulis materinya itu apa? kalo ipa bind bingg sma matematika kan sebagian materi unas. nah kalo ips? mkasih sbelumnya kak :)

  21. joko srikandi June 11, 2013 at 7:04 pm Reply

    kok web sman 1 sda gak bisa
    padahalkan disuruh daftar ulang

  22. arini March 6, 2014 at 11:35 am Reply

    aku pengen daftar di SMAN 1 TAMAN th ini 2014 tapi tkut g’ d terima…..

    • Sovira March 6, 2014 at 2:00 pm Reply

      Usaha dulu, berdoa juga biar bisa diterima. :)

  23. arini March 7, 2014 at 9:41 am Reply

    kak nilai yg 5 mata pelajaran itu yg minimal 7,5 menunjang banget ya biar bisa di terima??

  24. arini March 8, 2014 at 11:24 am Reply

    makasih kak saran.na!!

  25. arini March 10, 2014 at 10:14 pm Reply

    why not in the reply, and I expect it …

  26. vivi April 27, 2014 at 11:02 am Reply

    mbak.. mau tanya klo tes potensi akademik itu psikotes kah?
    trus klo wawancaranya harus lancar?? makasihh

    • Sovira April 28, 2014 at 12:52 pm Reply

      Yap, bener dek. Iya, wawancara usahain bisa lancar :D

  27. vivi May 3, 2014 at 7:09 pm Reply

    okey..trima kasih mbak.. :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s